Pameran

Kaltim Fest 2023 Dibuka

  •   Hendra Saputra
  •   8 Juli 2023
  •   4:09am
  •   Pameran
  •   1281 kali dilihat

Samarinda - Gubernur Kaltim, Isran Noor, secara resmi membuka Gelaran Kaltim Fest 2023 di Convention Hall Gelora Kadrie Oening, Sempaja Samarinda,  Jumat  (7/7/2023) malam.

Kaltim Fest 2023 akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 15 Juli 2023 mendatang di Convention Hall - Samarinda. Acara ini mencakup Kaltim Festival 2023 yang melibatkan Festival Kemilau, Kaltim Dance dan Pekan Kreatif Kalimantan Timur.

Pembukaan Kalimantan Timur Festival (Kaltim Fest) Tahun 2023 juga dimeriahkan oleh Band J-Rocks dari Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh, antara lain Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Sri Wahyuni, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim sekaligus Ketua Panitia Kaltim Fest 2023, Ahmad Herwansyah, Wakapolres Samarinda AKBP Eko Budiman, Wakil Bupati Berau H. Gamalis, Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa, Kabid IKP dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Irene Yuriantini, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim, Isran Noor, mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana Kaltim Fest 2023. Ia juga menekankan bahwa Kaltim Fest ini merupakan yang terbesar dalam sejarah dengan durasi 9 hari dan menampilkan sekitar 80 event, 80 karakter hingga 80 model. Peserta acara ini juga jumlahnya paling banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat Kaltim aktif dan pulih setelah melewati masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19.

"Pertumbuhan ekonomi Kaltim terus mengarah ke arah yang lebih baik dan selalu menunjukkan tren positif setiap tahunnya, " terang Isran.

Dilanjutkan Isran, Kalimantan Timur memiliki peran penting dalam peningkatan nilai ekspor setiap tahunnya, mulai dari tahun 2019 hingga 2022. Wilayah ini menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar di negara ini, termasuk Jawa Barat.

"Masyarakat Kaltim terkenal sebagai masyarakat yang pandai bersyukur kepada Allah SWT dan pandai berterima kasih kepada sesama. Kalimantan Timur terus maju dan bersemangat dalam mewujudkan serta mendukung pemerintah dalam merealisasikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Kaltim Fest ini berjalan sesuai harapan. Namun, saya yakin bahwa akan terjadi kesepakatan, pertemuan-pertemuan dan terjalinnya silaturahim yang erat antara anggota-anggota, di mana seluruh peserta berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sekaltim, " harapnya. (hend/pt)