Pameran

Kaltim Exhibition 2023, Ajang Promosi Seni Budaya dan Pariwisata Daerah

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Juni 2023
  •   9:39am
  •   Pameran
  •   668 kali dilihat

Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni secara resmi membuka Kaltim Exhibition 2023. Pameran seni, budaya, dan pariwisata Kaltim ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan di Sarinah Mall, Jalan M.H. Thamrin Nomor 11, Jakarta Pusat. 

Sri Wahyuni menyebut, Kaltim Exhibition tahun ini yang mengangkat tema "Kriya Wastra untuk Nusantara" merupakan ajang promosi daerah. Acara ini bertujuan untuk mendekatkan Kaltim kepada warga ibu kota negara DKI Jakarta dan masyarakat di luar Kaltim. Terlebih, Kaltim tengah dipersiapkan sebagai ibu kota negara baru bagi Indonesia yang akan menggantikan Jakarta.

"Kaltim Exhibition ini bukan hanya sebagai promosi budaya, pariwisata, dan investasi. Tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada orang-orang di luar daerah mengenai IKN Nusantara yang ada di wilayah Kalimantan Timur," ujar Sekda Sri Wahyuni saat membuka Kaltim Exhibition di Sarinah Mall Jakarta, Jumat (23/6/2023) malam. 

Perempuan yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini berharap, pameran seni budaya dan produk kerajinan daerah dapat lebih memperluas pengetahuan tentang Kaltim di tingkat nasional.

Menjawab pertanyaan mengapa harus melakukan ekshibisi di luar Kaltim? Ia menjawab, bahwa promosi daerah harus dilakukan dimana pun. 

"Indonesia adalah negara yang luas. Kita harus terus melakukan promosi daerah di mana saja. Bukan hanya kita yang mengadakan kegiatan pameran, tetapi kita juga harus hadir dan berpartisipasi dalam pameran-pameran nasional dan internasional. Semua ini dilakukan dalam misi yang sama, yaitu mempromosikan potensi daerah kita," ujar Sri Wahyuni, yang juga merupakan alumnus Magister Kebijakan Publik, Australian National University.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan agenda Kaltim Exhibition berikutnya akan diselenggarakan di dalam daerah untuk mengungkit jumlah kunjungan ke wilayah Kalimantan Timur.

"Tahun depan, kita mungkin dapat mengadakan acara ini di Balikpapan atau Berau agar orang-orang tidak hanya melihat promosi. Tetapi juga dapat mengunjungi langsung Bumi Etam," tambah Sekda Sri.

Acara pembukaan Kaltim Exhibition 2023 dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, antara lain Kepala DPMPTSP Puguh Harjanto, Kepala Dispar Ahmad Herwansyah, Kepala Banhub Kaltim Raihan Fida Nuzband, Wakil DPRD Kaltim Sigit Wibowo, serta Bupati Paser Fahmi Fadli.

Mewakili Kepala Diskominfo Kaltim, Perencana Ahli Muda, Natalin Siagian didampingi oleh staf Juniarti. (KRV/pt)