Pameran

DPMPD Provinsi Kaltim Mengumumkan 3 Juara Stand Terbaik dalam EXPO BumDes 2023

  •   Hendra Saputra
  •   19 Juni 2023
  •   12:45pm
  •   Pameran
  •   567 kali dilihat

Samarinda - EXPO BumDes (Badan Usaha Milik Desa) 2023 yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur (DPMDP Kaltim) berlangsung meriah dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat. Acara ini berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Juni 2023 di Bigmall, menjadi platform bagi berbagai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk memamerkan produk dan potensi desa mereka.

Selain sebagai pameran, acara ini juga mencakup kompetisi stand terbaik yang diikuti oleh berbagai Bumdes dari seluruh Kaltim. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, DPMPD berhasil menentukan tiga juara terbaik dengan stand terbaik.

Dalam pengumuman yang disampaikan oleh panitia, Bumdes Bengkal Mandiri dari Desa Muara Bengkal, Kabupaten Kutai Timur, berhasil meraih gelar juara 1 yakni, Rahmat Hadi Prasetyo, Direktur Bumdes Bengkal Mandiri, menerima hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah dan sebuah piagam penghargaan yang diserahkan oleh perwakilan DPMDP. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada panitia acara atas penghargaan yang diberikan dan berharap keberhasilan ini dapat mendorong perkembangan Bumdes di Kaltim.

"Berkat Pemerintah Provinsi Kaltim yang telah menggelar acara ini, kami berharap di tahun-tahun mendatang akan diadakan lagi acara serupa ini dan semakin banyak BUMDes yang turut berpartisipasi," ucapnya.

Pada posisi juara 2, Bumdes Sumber Purnama dari Desa Loh Sumber, Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil menonjol dengan stand yang menarik dan inovatif, mendapatkan pengakuan dari para juri acara. Meskipun tidak meraih posisi juara 1, Bumdes Sumber Purnama tetap merasa bangga dengan pencapaian mereka dan berjanji untuk terus berinovasi dalam pengembangan Bumdes di daerah mereka.

Sementara itu, juara 3 diraih oleh Bumdes Maju Bersama dari Desa Long Isun, Kabupaten Mahakam Ulu. Dengan stand yang menarik perhatian pengunjung, Bumdes Maju Bersama menerima penghargaan atas kerja keras dan dedikasinya dalam mempromosikan potensi desa mereka. Acara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membeli produk-produk unik dan khas dari desa-desa di Kaltim.

Selain itu, Kadis DPMPD Kaltim, melalui Sekretarisnya, Eka Kurniati berharap agar acara ini dapat memperkuat keterlibatan dan sinergi antar Bumdes.

"Acara ini tidak hanya menjadi ajang promosi, tetapi juga diharapkan dapat memperkuat keterlibatan dan sinergi antara Bumdes serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembangunan desa, sekaligus menginspirasi lebih banyak Bumdes untuk mengembangkan potensi desa mereka," papar Eka.

"DPMPD Kaltim berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan Bumdes dan mendorong pemberdayaan masyarakat desa di seluruh Kaltim," tutup Eka. (hend/pt)

Sumber : Busam.ID