Paguyuban

Gubernur DI.Yogyakarta dan Gubernur Jawa Tengah Menyaksikan Pelantikan IKAPAKARTI Secara Daring

  •   pipito
  •   26 September 2021
  •   1:03pm
  •   Paguyuban
  •   107 kali dilihat
  •  

Samarinda- Pelantikan Jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKAPAKARTI) disaksikan secara daring oleh Dua Gubernur, yakni Gubernur DI Yogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X  dan Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar Parnowo.

Gubernur DI Yogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X  menyampaikan rasa syukur karena pada pelantikan kali ini masih bisa hadir walaupun secara virtual. Ia membeberkan pada tahun 2007 tepatnya 14 tahun silam  turut hadir dalam Pelantikan DPP IKAPAKARTI di Samarinda.

IKAPAKARTI sebagai organisasi etnis mampu melebur dengan etnis lainnya untuk membangun kekuatan daerah dan nasional, sebagaimana yang telah dicontohkan tokoh perintis kemerdekaan, pada 1928, saat dikumandangkan Sumpah Pemuda, mampu menyatukan perbedaan dan berasatu padu untuk mencapai kemerdekaan bangsa, pinta  Gubernur DI Yogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Dengan berbagai tantangan saat ini, mari kita hindari prilaku etnisentris yang akan mengoyahkan bahkan merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Justeru saat inilah kita bangun sekat-sekat perbedaan itu menjadi sebuah kekutan untuk membangun dan hidup rukun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ajak Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pada masa kemerdekaan Bapak Bangsa, Ir Soekarno memperkuat tali persaudaraan kebangsaan itu, dengan membangun   nasionalisme kebangsaan dibalik berbagai perbedaan dan keragaman Indonesia, dengan Semboyan Bhenika Tunggal Ika dan Idiologi Pancasila untuk menatap masa depan bangsa yang lebih baik, tandasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Parnowo yang juga hadir secara virtual mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus DPP IKAPAKARTI. Dia mendoakan warga IKAPAKARTI selalu sehat dan dimurahkan rezeki oleh Allah SWT.

Ganjar berharap kehadiran IKAPAKARTI membawa energi positif bagi semua pihak di Kaltim dan mampu saling menguatkan satu sama lain untuk kemajuan daerah serta berdampak bagi  kekuatan pembangunan nasional dalam segala bidang.

Ketua DPP IKAPAKARTI, Rusmadi Wongso menyatakan kehadiran IKAPAKARTI merupakan wadah perjuangan dan aspirasi warga Jawa untuk mendukung pembangunan Kaltim. Tentunya perjuangan tersebut diiringi dengan terus membangun  kerja sama dan silaturahmi dengan semua pihak, termasuk berbagai etnis di Benua Etam.

Dengan semboyan Guyub Rukun,  warga IKAPAKARTI akan terus membangun kebersaamaan dan bergotong royong  dengan seluruh lapisan masyarakat di Kaltim, sehingga Benua Etam selelu kondusif dan pembangunan berjalan lancar.

“Mari kita tanamkan terus gotong royong dan kebersamaan, sebagaimana pepatah yang mengatakan, Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe. Artinya dalam mengerjakan sesuatu kita tidak  berharap pamrih atau balasan, tetapi lebih mengutamakan kebersamaan atau gotong royong dalam menghadapi kesulitan atau menyelesaikan pekerjaan,” ucap Rusmadi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Isran Noor  menyerahkan bantuan Sembako secara simbolis kepada warga penerima. Bantuan Sembako merupakan kegiatan bakti sosial, termasuk kegiatan vaksinasi untuk 1.000 warga Samarinda  dalam rangkaian Pelantikan DPP Ikaapakarti.

Pelantikan DPP Ikapakarti ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit. Sebagai tanda dimulainya pergelaran wayang kulit, Ketua DPP Ikapakarti, Rusmadi Wongso menyerahkan tokoh pewayangan berupa gunungan kepada Gubernur dan selanjutnya Isran Noor menyerahkan gunungan kepada Ki Dalang Budi Asmoro dengan cerita “Wahyu Sandang Pangan”. (pt)