Olahraga

Wapres RI, K.H.Ma’aruf Amin Membuka PEPARNAS XVI

  •   pipito
  •   7 November 2021
  •   3:25pm
  •   Olahraga
  •   123 kali dilihat
  •  

Jayapura-  Wakil Presiden RI, K.H.Ma’aruf Amin membuka Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Tahun 2021. Bertempat di Stadion Mandala, Jayapura.

Melalui PAPERNAS XVI Tahun 2021 ini, diharapkan bangsa Indonesia dapat merasakan semangat kesetaraan dan persamaan. Bukan sekedar kompetisi olahraga. Tetapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi bangsa Indonesia semua, ucap Wapres, K.H.Ma’aruf Amin.

 

PEPARNAS merupakan ajang kompetisi olahraga bagi atlet difabel. Mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyambut PEPARNAS ini dengan semangat persaudaraan untuk mendukung pemerintah yang telah berkomitmen memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga Negara, ajak Wapres.

“Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi!,” imbau Wapres penuh semangat.

Wapres pun meyakini bahwa PEPARNAS tahun ini yang diselenggarakan di Papua akan kembali sukses, seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang juga digelar di Papua dan ditutup oleh Wapres.

“Saya yakin Paralimpik ini akan sukses kembali, karena masyarakat Papua adalah masyarakat pecinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat,” kata Wapres optimis.

Memberikan apresiasi  kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur, Ketua Umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus, dan seluruh pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan PEPARNAS ini.

“Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara  Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran pemerintah daerah Papua selaku Panitia Besar PEPARNAS Tahun 2021,” ucap Wapres

Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras serta dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional,” terangnya.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senni Marbun mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah memberikan perhatian khusus terhadap atlet dan kompetisi paralimpik di Indonesia. Menurutnya, di pemerintahan saat inilah yang berani membuat gebrakan kesetaraan dan persamaan bagi para atlet difabel.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe selaku Ketua Panitia PEPARNAS XVI yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada atlet Paralympic Games Tokyo 2020 yang telah berhasil membawa 9 medali.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak mendeskriminasi para atlet difabel dan menjunjung kesetaraan, karena mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mengharumkan nama bangsa.

“Kenalilah aku karena kemampuanku bukan karena keterbatasanku,” pungkasnya seraya memberi motivasi.

Diketahui, Penyelenggaraan PEPARNAS XVI Tahun 2021 yang berlangsung dari tanggal 2-13 November 2021 pada 12 venue tersebar di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 654 nomor pertandingan, diikuti 2.146 atlet dan 1463 ofisial dari 34 provinsi seluruh Indonesia. (youtubepeparnas XVIPapua2021/pt)