Olahraga

Piala Gubernur Kaltim : Jadi Ajang Peningkatan Kreatifitas dan Prestasi Generasi Muda

  •   pipito
  •   19 Desember 2021
  •   12:27pm
  •   Olahraga
  •   215 kali dilihat
  •  

SAMARINDA-Wakil Gubernur, H Hadi Mulyadi hadir langsung menyaksikan Malam Final Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kalimantan Timur tahun 2021. Bertempat di Gedung Serbaguna Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (18/12/2021) malam.

Wagub mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengapresiasi dengan antusias dan semangat bagi pelajar Kaltim dalam mengikuti Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kalimantan Timur tahun 2021.

Berharap Piala Gubernur yang tahun ini mempertandingkan dua Cabang Olahraga (Cabor) yakni Panahan dan Bola Basket dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.

"Ini program yang bagus dilaksanakan Dispora Kaltim. Wajib dilanjutkan, sehingga menjadi ajang peningkatan kreatifitas dan prestasi generasi muda," kata Wagub di sela-sela Partai Final Piala Gubernur Kalimantan Timur Basketball tahun 2021.

Event-event seperti ini lanjutnya, menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mengembangkan bakat dan minat serta prestasi mereka. Dengan begitu, generasi muda khususnya para pelajar maupun mahasiswa tidak terpengaruh perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba, balapan liar dan lain sebagainya.

"Semoga kejuaraan ini juga bisa dilaksanakan di kabupaten/kota se Kaltim. Sehingga pesertanya dapat lebih banyak lagi. Karena bagaimanapun ini bagian dari pembinaan generasi muda," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kadispora Kaltim Agus Tianur menjelaskan, kegiatan ini diikuti 151 tim dari berbagai kategori dengan pelaksanaan sejak 9-18 Desember 2021.

"Sistem pertandingan menggunakan sistem grup atau semi kompetisi, dengan total pertandingan sebanyak 177 game terdiri atas 62 game penyisihan, 16 game semifinal dan Final untuk pertandingan 5 X 5. Sementara pertandingan 3 X 3 akan memainkan 99 game," jelasnya.

Adapun 151 tim yang terdaftar terdiri atas 16 tim pelajar putra dari Samarinda, 9 tim Balikpapan, 5 tim Kukar,  1 tim Bontang,  8 tim pelajar putri Samarinda, 4 tim Balikpapan, 3 tim putri Bontang, Antar Klub/Umum Putra 16 tim, Samarinda 10 tim, Balikpapan 6 tim. Antar Klub/Umum Putri  6, terdiri 5 tim Samarinda, Balikpapan 1 tim.

Sementara untuk nomor 3 X 3, SMP Putra 30 Tim, SMP Putri 15 tim, SMA Putra 30 tim dan SMA Putri 30 tim.

Dalam Final yang berlangsung sengit, sektor Putri SMAN 1 Balikpapan keluar sebagai Juara Pertama usai menundukkan SMKN Balikpapan dengan point akhir 39 melawan 22.

Di sektor Putra, SMA Negeri 2 Samarinda sukses menundukkan perlawanan ketat SMA Sunodia Samarinda dengan point akhir 65-51 poin.

Dalam kejuaraan ini, Sonic Samarinda keluar sebagai juara setelah di partai final menundukkan Panseb dalam pertarungan yang sangat ketat di tiap kwarternya. Di pertandingan sebelumnya pada klub Putri, Puma Samarinda menang 55-39 atas OSNBC Venus Balikpapan. (ppiddisporakaltim/pt)