Olahraga

Paser Jadi Tuan Rumah Porprov Kaltim Tahun 2026

  •   Khajjar Rohmah
  •   24 September 2023
  •   9:03am
  •   Olahraga
  •   1451 kali dilihat

Tanah Grogot - Ditandai dengan pencanangan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Paser, maka daerah ini resmi menjadi tuan rumah Porprov ke VIII Kaltim Tahun 2026 mendatang. 

Gubernur Kaltim, Isran Noor hadir langsung di Kabupaten Paser dalam agenda pencanangan tersebut. 

Dalam sambutannya, Isran mengimbau agar masyarakat olahraga Bumi Etam siap menyambut dan menyukseskan event olahraga bergengsi tingkat provinsi yang digelar empat tahunan sekali itu. 

"Dengan mengucap Bismillah, maka dengan ini di-launch atau dicanangkan, Porprov ke VIII Tahun 2026 di Kabupaten Paser," kata Isran di Halaman Kantor Bupati Paser, Minggu (24/9/2023) pagi. 

"Tepuk tangan dong ah. Tepuk tangan nunggu diminta," lanjut Isran masih dengan gaya jenakanya yang mengundang tawa para penonton. 

Dalam kesempatan tersebut Isran mengungkapkan, pemerintah daerah terus melakukan pembinaan, pengembangan, dan kegiatan yang mendukung aktivitas keolahragaan. 

Orang nomor satu Benua Etam ini juga memuji dunia olahraga Kaltim yang cukup aktif dan masif. Kaltim bahkan menjadi provinsi nomor satu di luar Jawa yang aktif dalam bidang keolahragaan.

"Hasil sementara pra PON di berbagai daerah, Kaltim berada pada posisi keempat secara nasional. Artinya jumlah penduduk sedikit, tetapi prestasi luar biasa," pujinya. 

Ia pun mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga daerah. Agar prestasi bidang keolahragaan Kaltim di tingkat nasional bisa terus meningkat. 

Di tempat yang sama, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah Aras menjalaskan, pencanangan Porprov sengaja dilakukan lebih awal. Agar persiapan penyelenggaraan bisa lebih matang. 

"Pencanangan kesiapan Paser sebagai tuan rumah merupakan langkah awal agar acara multi event empat tahunan sekali ini, bisa lebih terencana dengan baik," kata Rusdiasyah Aras. 

Bupati Paser, Fahmi Fadli juga memaparkan kesiapan daerahnya dalam menyambut Porprov 2026. Dimana dalam Porprov ke VIII di Kabupaten Paser akan dilombakan sebanyak 54 cabang olahraga (cabor). Sebanyak 28 arena olahraga juga sudah siap menyambut Porprov Kaltim di Benuo Taka. 

Kendati demikian, masih ada beberapa cabor yang akan dilaksanakan di luar Paser. Di antaranya seperti menembak, ski air, golf, triathlon dan rafting. 

Secara simbolis, Pencanangan Porprov Kaltim di Kabupaten Paser ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor bersama Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Paser Fahmi Fadli, Wakil Bupati Syarifah Masitah Assegaf dan Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras.

Hadir dalam Pencanangan Porprov, Sekda Kaltim Sri Wahyuni bersama jajaran Pimpinan Perangkat Daerah (PD), Kepala Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain, beserta unsur Forkopimda Paser. (krv/pt)