Olahraga

MotoGP Resmi Bergulir di Sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022

  •   Hendra Saputra
  •   20 Maret 2022
  •   10:23am
  •   Olahraga
  •   200 kali dilihat
  •  

Samarinda - Setelah terlebih dulu menggelar Tes Pramusim pada tanggal 11-13 Februari lalu, salah satu ajang balap paling bergengsi dunia yakni MotoGP akhirnya akan secara resmi bergulir di Sirkuit Mandalika pada tanggal 18-20 Maret.

Beberapa hari lalu, salah satu situs penjualan tiket yang digandeng oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bahkan melaporkan jika semua kuota tiket yang tersedia sudah habis terjual. Sementara itu, di situs lainnya juga terlihat jika beberapa tiket untuk kategori tertentu sudah habis dipesan dan menyisakan tiket di kelas lebih rendah dengan kisaran harga di bawah Rp 1 juta.

Pengelola sekaligus penyelenggara sendiri diketahui memang menggandeng beberapa pihak yang dipercaya untuk melakukan proses distribusi atau penjualan tiket sejak lama.

Terlepas dari situasi tersebut, ada satu hal menarik yang belakangan ramai diperbincangkan mengenai kebijakan menonton secara langsung gelaran MotoGP Mandalika, yang akan berlangsung pada pekan ini.

ITDC dan MGPA, secara resmi mengumumkan bahwa mereka memperbolehkan penonton untuk membawa tikar dan kursi sendiri, yang nantinya bisa dipergunakan selama balapan berlangsung.

Samsul Purba selaku Direktur Teknik dan Operasi MGPA mengonfirmasi kalau kabar mengenai izin penggunaan kursi dan tikar yang dibawa secara pribadi oleh penonton, untuk menyaksikan ajang balap MotoGP memang benar adanya.

Namun, ia juga menyatakan jika ketentuan tersebut berlaku dengan beberapa syarat tertentu. Pertama, ketentuan tersebut hanya berlaku untuk penonton yang memiliki tiket di kelas festival (general admission). Sekadar informasi, kategori tiket general admission sendiri merupakan tiket non-seating area, yang artinya tidak disediakan tempat duduk dan tidak memiliki atap.

Harga untuk tiket di kelas ini berkisar antara Rp 115 ribu sampai dengan Rp 575 ribu, di mana harga termahal merupakan harga untuk tiket di gelaran hari terakhir yang berlangsung pada tanggal 20 Maret.

Menurut Keterangan dari salah seorang warga Kota Samarinda yang menonton secara langsung MotoGP di Lombok yaitu Abdul Giazz merupakan selegram asal Kota Samarinda menyebutkan dia mendapatkan harga tiket masuk di harga 2,8 juta di Zone B.

Menurut informasi Abdul (panggilan sapaan akrabnya)  harga makanan di dalam Mandalika yang masih sangat tinggi, penginapan/hotel, harga sewa mobil, bahkan Tiket Pesawat Juga naik 2-3 kali lipat.

“Terkait aturan Prokes alhamdulillah juga mulai dilonggarkan saat menonton tanpa menunjukan syarat tes Covid, dia berharap roda pemerintahan dan perekonomian bisa kembali lancar dengan diadakannya MotoGP ini, “bebernya saat dihubingi melalui sambungan telpon, Minggu (20/3/2022).

Fikri yang datang langsung dengan rombongan teman-temannya menaiki motor dari pulau Bali ke Lombok (Nusa Tenggara Barat) untuk menonton secara langsung pertandingan MotoGp mengungkapkan untuk Infrastruktur masih adanya lokasi pertandingan ataupun tempat pengunjung yang belum selesai 100 persen dia berharap secepatnya bisa diselesaikan oleh pemerintah, harapnya. (hend/pt)