Olahraga

Lesatan Anak Panah Agus Tianur dan Sutomo Jabir Sebagai Pembuka Kejurprov Junior Panahan

  •   Teguh Prasetyo
  •   17 Juni 2022
  •   11:17am
  •   Olahraga
  •   672 kali dilihat

Samarinda – Lesatan Anak Panah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianur bersama Ketua Pengprov Perpani Kaltim, Sutomo Jabir sebagai pertanda dibukanya secara resmi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Junior Cabang Olahraga Panahan yang berlangsung di Lapangan Panahan Karang Asam hingga 18 Juni 2022.

"Semoga kejuaraan ini berlangsung sukses dan menghasilkan bibit-bibit atlet yang handal dan dapat menjadi kebanggaan kita semua dimasa mendatang," harap Agus Tianur ketika membuka Kejuaraan yang diikuti 249 atlet dari 8 Kabupaten dan Kota se Kaltim baru-baru ini.

Cabor Panahan berhasil menyumbang medali emas SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam Mei 2022 lalu dari sejumlah nomor yang diikuti diantaranya recurve ganda campuran, beregu putra, juga individu putri.

"Ini tentu tak terlepas dari lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dimana Indonesia menargetkan masuk dalam 15 besar Olimpiade serta 20 di ajang Paralimpiade di tahun 2040-2044 dan Panahan masuk dalam tiga besar cabor yang diunggulkan untuk mewujudkannya," lanjutnya.

Adanya DBON dan UU Keolahragaan membuat pembinaan dan prestasi dan yang lainnya makin bagus karena terencana dengan baik. Terutama dari sisi pembinaan teknis dan juga anggaran, urainya.

"Olahraga tak terkecuali panahan adalah salah satu indikasi keberhasilan pembangunan nasional, sehingga pembinaan dan pengembangan olahraga harus ditempatkan dalam kerangka spirit of the nation, alat pemersatu bangsa dan sebagai gaya hidup sehat dan bugar manusia Indonesia serta menemukan bibit-bibit muda yang handal dan berprestasi," tegas Agus.

Olahraga olahraga yang sudah sangat memasyarakat dan makin banyak peminatnya, mulai dari anak-anak remaja dan pemuda, serta orang dewasa.

Eksistensi para Atlet, maupun keberadaan Klub Panahan, dirasa sangat penting,imbuh Agus.

"Karena itu saya yakin, dengan pembinaan dan latihan yang baik, didukung dengan pemberian gizi yang tepat, maka para atlet yang dibina, kelak mereka akan bisa menjadi atlet terbaik yang berprestasi seperti yang kita harapkan. Terakhir saya sampaikan selamat bertanding dan junjung sportifitas,"pungkasnya. (tp/pt)