Olahraga

Borong 7 emas, Layar Kaltim Juara Umum di Kualifikasi PON 2023

  •   Ceppy
  •   17 Oktober 2023
  •   8:43pm
  •   Olahraga
  •   968 kali dilihat

Borong 7 emas, Layar Kaltim Juara Umum di Kualifikasi PON 2023

Jakarta - Kiblat olahraga layar Indonesia belum bergeser. Kaltim masih menjadi yang terbaik di negeri ini. Hal ini dibuktikan dengan raihan tim layar Bumi Etam di babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia Sailing Center Ancol Barat, Jakarta 8-16 Oktober 2023. Layar Kaltim berhasil mendominasi di kategori putra dan putri.

Dari nomor putra, Kaltim mengoleksi 4 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan dari nomor putri dan mixed, Bumi Etam juga unjuk gigi dengan 3 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Dengan total tujuh emas, Kaltim berhasil mewujudkan target juara umum di BK PON 2023.

Manajer layar Kaltim Ida Nursanti bersyukur atas hasil yang diraih atletnya di BK PON 2023. Dia mengatakan, sejak awal layar Kaltim memang memiliki target meraih juara umum. “Alhamdulillah misi sudah terselesaikan. Hasilnya sesuai target awal yakni juara umum. Saya apresiasi kerja keras atlet, pelatih dan ofisial layar yang sudah mengorbankan banyak hal untuk meraih prestasi ini,” ungkap perempuan yang merupakan istri dari Ketua Pengprov Porlasi Kaltim Teddy Nanang Abay tersebut.

Meski berhasil menjadi yang terbaik, Ida meminta agar atletnya tak berpuas diri. Sebab, apa yang diraih saat ini baru di level babak kualifikasi. Dia meminta agar atlet menyudahi euforia dan kembali bersiap menuju event sesungguhnya, yakni PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara.

“Saya sudah tekankan ke atlet, pelatih dan official untuk tidak berlebihan merayakan juara umum di BK PON. Karena pertarungan sesungguhnya adalah di Aceh nanti. Saat ini kami bersiap untuk kembali pulang ke Berau dan menata persiapan menuju PON 2024,” ucap Ida.

Diakuinya, sampai saat ini pun cabor layar Kaltim masih menjadi kontingen yang disegani karena prestasinya. Kehebatan atlet Berau pun menjadi apresiasi luar biasa oleh mereka yang berpengalaman di Internasional. Sehingga sangat patut berbangga dan berterimakasih, karena atlet, pelatih hingga ofisial sudah berjuang dengan keras.

"Dan saya yakin, kekurangan yang ada bisa menjadi bahan evaluasi untuk meraih kemenangan di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut mendatang," ungkapnya.

"Tak lupa juga kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Ketum KONI Kaltim dan jajaran yang lain, karena sudah bersedia menghadiri dan menyaksikan Kejurnas Layar, yang mana Kaltim menjadi primadona," tambahnya.

Capaian ini juga tentunya merupakan hasil dari latihan atlet yang dikomandoi oleh Ketua Pengcab Porlasi Berau, Kosim Nor Seha, serta pendamping pelatih baik putra maupun putri. Menurutnya, meski berhasil menjadi yang terbaik, pihaknya tetap meminta agar atletnya tak berpuas diri. Sebab, apa yang diraih saat ini baru di level babak kualifikasi.

“Pertarungan sesungguhnya adalah di Aceh nanti. Jadi setelah kejuaraan ini, kami akan kembali bersiap dan menata persiapan menuju PON 2024," tutup Kosim.

Sumber : Mitra Media Diskominfo Kaltim (Kaltim Post)