Olahraga

Anak Muda Bontang dan Samarinda Wakili Kaltim Ke Tingkat Nasional

  •   Teguh Prasetyo
  •   30 Mei 2022
  •   11:31am
  •   Olahraga
  •   673 kali dilihat

Samarinda – Perwakilan Bontang dan Samarinda menjadi yang terbaik dan berhak mewakili Kalimantan Timur sebagai Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang akan bertugas di Istana Negara di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Flugentia Marianne, pelajar SMA Vidya Dahana Patra (Vidatra) Kota Bontang terpilih sebagai yang terbaik di sektor Putri. Sementara sektor Putra Samarinda asal SMA Negeri 2 atas nama Muhammad Remyza Baihaqy.

Hal tersebut berdasarkan penilaian yang didasarkan pada Samapta atau Jasmani, Kesehatan, Psikologi, PBB dan Parade, Keterampilan dan Bakat serta Tes Tertulis Pancasila dan juga wawancara mereka berdua terpilih ke tingkat nasional dengan nilai tertinggi.

"Bagi yang terpilih, saya berpesan untuk menjaga amanah ini dengan mempersiapkan diri hingga nanti pada saat bergabung di diklat Paskibraka Nasional mampu memberikan yang terbaik. Harapan kita bersama kalian sukses dan layak berada di pasukan 8," harap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur dalam acara penutupan Seleksi Calon Paskibraka Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Aula Dispora Kaltim, baru-baru ini.

Disampaikannya dengan tegas bahwa hasil seleksi kali ini dipastikan tanpa intervensi siapapun dan berlangsung secara "fair" dengan tim seleksi yang terdiri atas Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda, Tim Kesehatan dari RSUD A W Sjahranie, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kaltim serta dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) untuk tes psikologi.

"Di samping itu, hadir di tengah-tengah kita dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat, Martha Maya dan dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) I Jakarta, Kapten CPM Setyawan yang memantau langsung jalannya seleksi, sehingga hasil yang kita peroleh maksimal," jelasnya.

Agus Tianur juga berpesan kepada 40 peserta lainnya yang tidak terpilih ke Tingkat Nasional, meminta mereka tak berkecil hati, karena mereka merupakan pelajar terpilih dari total seleksi sebanyak 1.174, terpilih 42 yang memiliki kualitas mumpuni dan akan bertugas di puncak HUT RI ke-77 tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

"Kalau bisa memilih 42, maka semua yang ada di sini layak ke nasional. Kalian adalah pemuda-pemuda hebat dan berkualitas, dan tentunya dapat diandalkan menjadi Paskibraka mengibarkan merah putih pada saat nanti," pungkasnya.

Selanjutnya peserta terpilih akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 26 Agustus 2022 di Taman Rekreasi Wiladatika, Jalan Jambore Nomor 1 Depok Jawa Barat. (tp/pt)