Lingkungan

Terus Berkarya Wujudkan Masyarakat Sejahtera dan Hutan Lestari

  •   resa septy
  •   20 Agustus 2021
  •   1:54pm
  •   Lingkungan
  •   500 kali dilihat
  •  

Samarinda – Selamat, selamat dan selamat itulah kata yang berulang kali diucapkan oleh Meni Hendrawati yang mengaku bangga sebagai Penyuluh Kehutanan Pendamping dari Kelompok Tani Hutan (KTH) Delta Mahakam peraih Juara Terbaik III dalam Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2021.

“Sebagai Penyuluh Kehutanan Pendamping, saya merasa ikut bangga dengan prestasi yang dicapai oleh KTH Delta Mahakam mengingat saat penilaian dari 6 (enam) nominator tingkat nasional untuk Kategori Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan, KTH Delta Mahakam merupakan pemegang izin termuda yang baru kurang lebih 1,5 tahun dibandingkan dengan saingan nominator lainnya yang lebih senior,” ungkap Meni menceritakan melalui pesan teks WhatsApp, Kamis (19/8).

Selain itu, ini juga merupakan kali pertamanya KTH Delta Mahakam mengikuti lomba Wana Lestari tingkat nasional dan langsung menuai prestasi. Keberhasilan ini sontak semakin menyalakan kobaran api semangat daripada para anggota di dalamnya untuk meningkatkan kualitas produk-produk yang dihasilkan.

“Saya tetap optimis untuk terus maju. Dari segi keterlibatan gender KTH Delta Mahakam unggul karena 80% anggotanya adalah perempuan, para ibu-ibu rumah tangga dan anak muda, juga dengan 2 (dua) Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di dalamnya yaitu KUPS Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Urang Handil dan KUPS Ekowisata Nipah Tanggo,” terangnya bersemangat.

Sebagaimana diketahui KUPS Ekowisata Nipah Tanggo ini telah menghasilkan produk-produk unggul. Mulai dari buah nipah yang dikelola menghasilkan nipah creeps dan dodol nipah. Kemudian dari lidi nipah dihasilkan anyaman piring dan sapu lidi.

Lalu, dari daunnya dihasilkan pula ragaman anyaman besek, kotak makanan bakul, polybag, kemasan ketupat, kemasan dodol dan aneka kerupuk olahan hasil Silvofishery. Tak terelakan lagi, semua merupakan produk yang ramah lingkungan bahkan telah dipasarkan di seputar Kalimantan dan Jakarta. Maka tak heran KTM Delta Mahakam berhasil membawa nama Provinsi Kalimantan Timur di Tingkat Nasional.

“Teruslah berkarya dengan sepenuh hati, ikhlas, cerdas dengan inovasi dan kolaborasi mendukung terwujudnya Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari, Salam Lima Jari… Go..Go.. Perhutanan Sosial,” tutupnya dengan ajakan penuh harapan. (resa/pt)