Lingkungan

Jokowi : Persemaian Mentawir kita Persiapkan untuk Menghijaukan IKN

  •   Teguh Prasetyo
  •   21 September 2023
  •   2:39pm
  •   Lingkungan
  •   988 kali dilihat

Kukar - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kunjungi Persemaian Mentawir, di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). 

Kunjungan ini didampingi Menteri Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Bahlil Lahadalia, Kepala OIKN Bambang Susantono, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni. 

Kunjungan ini bermaksud untuk melihat sejauh mana progres perkembangan pembangunan Persemaian Mentawir. 

"Persemaian Mentawir kita persiapkan untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara dan sekitarnya, dulu kita masuk belum keliatan sekarang sudah hampir 100 persen selesai tinggal merapikan saja," ungkap Presiden. 

Kebutuhan tumbuhan ini untuk mempercantik Ibu Kota Nusantara (IKN) dan mengembalikan hutan yang ada disekitar Nusantara menjadi tropical forest. 

Lokasi ini merupakan bentuk pemerintah untuk mendukung penghijauan kembali kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta Pulau Kalimantan dan wujud dimulainya komitmen pemerintah Indonesia terhadap lingkungan.

"Sekarang bisa memproduksi 15 juta bibit, untuk estetika keindahan, sehingga ini sekarang komplit tinggal nanti kita tanam dimana pengaturannya itu yang akan dilakukan oleh menteri kehutanan," terang Jokowi. 

Adapun jenis tanaman yang ada disini diantaranya kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan. Dengan penanaman pohon-pohon tersebut, diharapkan akan menarik satwa dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN.

Persemian Mentawir di dekat kawasan inti IKN seluas 120 hektar, dengan area persemaian dan bangunan sekitar 32,5 hektar. Persemaian ini menggunakan konsep KPBU (Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha), yaitu kerjasama patungan antara KLHK, Kementerian PUPR dan swasta. (tp/pt)