Lingkungan

Harumkan Nama Kaltim, MHA Kampung Juaq Asa Raih Juara II Wana Lestari 2021

  •   resa septy
  •   20 Agustus 2021
  •   9:42am
  •   Lingkungan
  •   220 kali dilihat
  •  

Samarinda - Masyarakat Hukum Adat (MHA) Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat, melalui Hutan Adat Hemaq Beniung membawa harum nama bagi Provinsi Kalimantan Timur di tingkat nasional.

Melalui keberhasilannya meraih juara terbaik kedua pada Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional 2021 Kategori Pengelola Hutan Adat yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76, secara virtual Kamis (19/8).

Adrianus selaku Petinggi Kampung Juaq Asa sekaligus Ketua Pengelola Hutan Adat Hemaq Beniung dengan bangganya mengkonfirmasi prestasi tersebut saat dihubungi melalui panggilan telepon. Diakuinya keberhasilan yang diperoleh ini merupakan buah dari upaya pengembangan dan pengelolaan yang dilakukan semenjak 2017 lalu.

“Melalui pemanfaatan dan pengembangan nilai ekowisata tanpa merusak hutan seperti Wisata Air Hemaq Beniung inilah yang membawa kami berada di terbaik kedua setelah Provinsi Bali dan menjadi nilai tambah bagi kami, hingga mampu mengalahkan Provinsi Sumatera Barat,” ujar Adrianus penuh semangat dan rasa bangga.

Semangat baru kemudian tumbuh untuk lebih meningkatkan pengembangan dan pengelolaan hutan adat, sehingga mampu terus memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat. Penghargan ini kemudian dipersembahkannya sebagai kado untuk Pemerintah Kabupaten Kubar maupun Provinsi Kaltim dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76.

“Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim mudah-mudahan bisa mensupport kegiatan kami kedepan. Begitu pun Pemerintah Kabupaten Kutai Barat semoga dapat terus mendukung.
Sehingga, kedepannya Hutan Adat Hemaq Beniung ini bisa lebih baik lagi dan maksimal lagi dalam berkompetisi di tingkat nasional,” tutup Adrianus dengan harapan. (resa/pt)