Lingkungan

Dukung Kaltim Bersih Sampah 2025, Dengan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Terbarukan

  •   resa septy
  •   12 April 2022
  •   4:02pm
  •   Lingkungan
  •   211 kali dilihat
  •  

Samarinda – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Timur mencoba mengenalkan kepada DLH Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur mengenai salah satu pengelolaan sampah yang dinilai efektif sekaligus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Pengelolaan sampah tersebut ialah menggunakan konsep Circular Economy, gebrakan PT. Abadan Nusantara Internasional (Banana & Partners), perusahaan yang berfokus pada pengelolaan limbah dan energi terbarukan.

Dengan menghadirkan secara langsung Presiden Direktur PT. Abadan Nusantara Internasional,Herry Wijaya di Ruang Rapat Adipura DLH Kaltim, Selasa (12/4). Herry menerangkan kepada seluruh jajaran DLH provinsi maupun kab/kota se-Kaltim yang mengikuti secara daring mengenai bagaimana prinsip pengolahan sampah PT.Abadan Nusantara Internasional.

"Prinsip pengolahan sampah PT. Abadan Nusantara Internasional adalah merubah sampah rumah tangga maupun sampah plastik menjadi biodiesel, menggunakan konsep Circular Economy. Dengan melibatkan peran serta masyarakat yang berjalan secara berkelanjutan melalui pemberdayaan," jelasnya.

Dengan demikian, sambutan hangat seolah nampak diberikan oleh Noor Utami selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Kaltim terhadap konsep pengolalaan sampah menjadi energi terbaharukan dari  PT. Abadan Nusantara Internasional.

Tami (panggilan akrabnya) merespon, konsep tersebut merupakan salah satu solusi yang layak untuk dipertimbangkan, diimplementasikan di Benua Etam.

"Permasalahan persampahan merupakan permasalahan yang krusial. Berbagai penanganan telah dan sedang dilakukan untuk menyelesaikannya dan teknologi pengolahan yang sampaikan oleh PT. Abadan Nusantara Internasional ini merupakan salah satu solusi yang sangat baik dalam mendukung upaya Kaltim Bersih Sampah 2025," tandas Tami. (ppiddlhkaltim/resa/pt)