Lingkungan

DLH Prov Kaltim Respon Cepat Imbauan IdulAdha 1442H/2021 Tanpa Sampah Plastik

  •   resa septy
  •   14 Juli 2021
  •   4:36pm
  •   Lingkungan
  •   219 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) kembali menerbitkan Surat Edaran Nomor SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2021 tentang Pelaksanaan Hari Raya IdulAdha Tanpa Sampah Plastik kepada seluruh Pemerintah daerah di Indonesia.

Pelaksanaan IdulAdha 1442H/2021 Tanpa Sampah Plastik ini diharapkan dapat disosialisasikan melalui berbagai media oleh Kepala Daerah baik tingkat Provinsi dan Kab/Kota. Termasuk juga penerapan protokol kesehatan Covid-19, penyediaan sarana prasarana pengelolaan sampah, pengumpulan maupun pengangkutan sampah di lokasi pelaksanaan Shalat IdulAdha dan pembagian daging kurban.

Menanggapi edaran tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Ence Ahmad Rafiddin Rizal menyebutkan bahwa sosialisasi sebagaimana yang dimaksud telah dilakukan selama 2 tahun ini terhitung sejak 2019 lalu.

Hal tersebut diucapkannya saat ditemui usai Peresmian The Mountain Of ISRAN di belakang Kantor Badan Penelitian Pengembangan dan Penelitian Daerah (Balitbangda) Kaltim, Rabu (14/7/2021).

“Untuk menindaklanjuti surat edaran dari PSLB3 itu, kami juga akan mengeluarkan edaran serupa melalui Pak Gub (Gubernur Kaltim Isran Noor). Termasuk memberdayakan Bank Sampah dan Forum Sampah untuk bersama-sama mensosialisasikan kegiatan,” terangnya.

Pembahasan mendalam dalam waktu dekat ini diupayakan segera dilakukan oleh DLH Prov Kaltim sebagai bentuk respon cepat tindaklanjuti SE PSLB3. Kaitannya dengan sosialisasi, Rizal ungkapkan nantinya akan dilakukan hingga ke tingkat RT/RW.

“Pagi ini kita sosialisasikan dulu surat ini ke tingkat 2 termasuk OPD yang melakukan kegiatan kurban (SE Nomor 660.2/11.70/B.II.1/DLH/2021). Nanti terkait pengelolaan sampah kita perlu koordinasi dan mudahan secara cepat bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (resa/pt)