Lingkungan

Dishut Kaltim Gelar Rapat Koordinasi Implementasi Safeguard FCPF-CF 2023

  •   Sefty Wulandari
  •   7 Juli 2023
  •   8:12am
  •   Lingkungan
  •   549 kali dilihat

Dishut Kaltim Gelar Rapat Koordinasi Implementasi Safeguard FCPF-CF 2023

Samarinda - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Rapat Koordinasi untuk membahas implementasi Safeguard Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF-CF) 2023. Rapat ini dihadiri oleh para anggota kelompok kerja (pokja).

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari penginputan dan asistensi Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan FCPF-CF tahun 2023 di aplikasi SIPD Kemendagri. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dishut Kaltim yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Lahan, Mohamad Subiyantoro. Acara ini berlangsung di Hotel Ibis Samarinda pada Kamis (06/07).

Dalam sambutannya, Mohamad Subiyantoro mengapresiasi komitmen Provinsi Kaltim dalam menjalankan program penurunan emisi. Ia juga menekankan pentingnya kerjasama antara semua pihak terkait untuk mencapai hasil yang optimal.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah diskusi yang membangun untuk saling memberikan masukan dan saran. Dengan kolaborasi dan komitmen dari semua pihak terkait, kami berharap Kaltim dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan dan mengurangi dampak perubahan iklim,” ujarnya.

Provinsi Kaltim ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menjalankan program penurunan emisi di sektor berbasis hutan dan lahan selama periode 2019-2024. Narasumber pada rapat ini adalah Sarah Agustiorini, seorang Spesialis Safeguard FCPF-CF. Sarah Agustiorini menyampaikan materi terkait rencana kegiatan implementasi FCPF-CF tahun 2023.

Rapat koordinasi ini merupakan langkah awal dalam menyusun rencana kegiatan guna mencapai target penurunan emisi tersebut. Sarah Agustiorini menjelaskan langkah-langkah dan strategi yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan rencana kegiatan yang terstruktur dan terkoordinasi dengan baik guna mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca di sektor hutan dan lahan.

Dishut Kaltim akan terus bekerja sama dengan seluruh pihak terkait dalam mengimplementasikan program Safeguard FCPF-CF 2023 dan memastikan bahwa langkah-langkah yang diambil sesuai dengan rencana yang telah disusun. Diharapkan, melalui program ini, Provinsi Kaltim dapat menjadi contoh dalam upaya mitigasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi gas rumah kaca di sektor hutan dan lahan. (sef/pt)