Lingkungan

9 Perusahaan di Kaltim Raih Penghargaan Emas Dalam Anugerah Lingkungan PROPER 2023

  •   prabawati
  •   21 Desember 2023
  •   3:13pm
  •   Lingkungan
  •   643 kali dilihat

Jakarta - Sebanyak 9 perusahaan di Kalimantan Timur meraih prestasi luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup pada akhir tahun ini.

Dimana 9 perusahaan tersebut meraih peringkat EMAS dalam Anugerah Lingkungan Hidup Proper Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan bahwa PROPER seharusnya menjadi panduan bagi praktik bisnis berkelanjutan, mengedepankan prinsip ekonomi hijau, dan mendorong pencapaian yang melampaui ketaatan industri terhadap regulasi lingkungan hidup.

"Saya meminta perusahaan terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan,” ujar Wapres pada Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup 2023 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (20/12).

Wapres juga berharap PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri. Selain menghasilkan keuntungan, perusahaan diharapkan memastikan kelestarian lingkungan sekitarnya terjaga.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menyatakan bahwa Anugerah Lingkungan PROPER merupakan penghargaan untuk kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan dan eko-inovasi.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat peserta PROPER tahun 2023 seluruhnya 3.694 perusahaan, bertambah dari sekitar 3.200 perusahaan pada 2022.

Dari jumlah tersebut, yaitu sebanyak 79 perusahaan memperoleh peringkat EMAS, sebanyak 196 perusahaan berperingkat HIJAU, sebanyak 2.131 perusahaan  mendapatkan peringkat BIRU, sebanyak 1.077 perusahaan mendapatkan peringkat MERAH, tidak ada perusahaan yang berperingkat HITAM, dan sebanyak 211 perusahaan ditunda pemeringkatannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH Prov.Kaltim) E.A.Rafiddin Rizal menyebut bahwa Kaltim mencatat prestasi membanggakan dengan 9 perusahaan meraih peringkat EMAS, meningkat dari tahun sebelumnya.

Adapun 9 Perusahaan yang meraih peringkat Emas yaitu PT. Kaltim Methanol Industri, PT. Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan DPPU Sepinggan PT. Pertamina Gas - Area Kalimantan - SKG Bontang, PT Pertamina Patra Niaga - Regional Kalimantan Integrated Terminal Balikpapan, PT. Pertamina EP Asset 5 - Field Sangasanga, PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS), PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT. Badak NGL dan PT. Pupuk Kaltim.

Rizal menyampaikan terima kasih kepada 144 perusahaan dari Kaltim yang ikut serta dalam penilaian PROPER 2023, mencerminkan peningkatan tren pengelolaan Lingkungan Hidup di Provinsi Kalimantan Timur. (DLH/Prb/ty).