Layanan

Program Indonesia Makin Cakap Digital Resmi Diluncurkan

  •   resa septy
  •   20 Mei 2021
  •   1:06pm
  •   Layanan
  •   173 kali dilihat
  •  

SAMARINDA – Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 113, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tajuk “Indonesia Makin Cakap Digital” serempak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota serta disiarkan langsung di 16 Stasiun TV Nasional dan Swasta, Kamis (20/05/2021).

Secara resmi Presiden RI, Joko Widodo yang hadir secara virtual meluncurkan program Literasi Digital Nasional diikuti Menteri Kominfo, Johnny G Plate, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Nicholas Saputra selaku publik figur dan Wakil Ketua Umum Siberkreasi bidang Riset dan Pengembangan Kurikulum, Anita Wahid.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Isran Noor, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim, Muhammad Faisal, beserta jajarannya mengikuti kegiatan tersebut secara virtual, bertempat di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Lantai 2.

Ini merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan literasi digital secara Nasional terus dilakukan. Berbagai rangkaian program diluncurkan sebagaimana tujuan yang ingin dicapai untuk Indonesia Digital, Semakin Digital, Semakin Maju.

“Program literasi digital adalah sebuah keharusan ditengah makin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat. Tugas kita bersama memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet yang ditandai dengan potensi digital ekonomi Indonesia  yang diproyeksikan mencapai sekitar 124 Miliyar US Dolar pada 2025 mendatang,” tutur Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pada 2021, Pemerintah mencanangkan 20 ribu pelatihan Program Literasi Digital Nasional berdasarkan modul dan kurikulum yang mengacu pada 4 pilar literasi digital yaitu Digital Ethic, Digital Society, Digital Skills dan Digital Culture.

Disampaikan Johnny, kedepannya di setiap tahunnya program ini akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dukungan dari Presiden RI, Joko Widodo dan partisipasi aktif dari jajaran Menteri, Gubernur , Walikota hingga Bupati untuk mengsukseskan program literasi digital nasional sangat diharapkan. Johnny berpendapat bahwasannya program ini merupakan suatu kolaborasi secara horisontal dan vertikal yang memerlukan keterlibatan ekosistem secara menyeluruh di tingkat nasional. (resa/pt)