Layanan

Lebaran Nyaman, Jaringan Telekomunikasi Aman

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   13 Mei 2021
  •   2:02pm
  •   Layanan
  •   128 kali dilihat
  •  

SAMARINDA— Telkom Witel Samarinda memastikan jaringan telekomunikasi selama libur lebaran tetap aman dan nyaman digunakan masyarakat yang ingin bersilaturahmi secara virtual. Dimana masyarakat merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H di masa pandemi.

Hal tersebut ditegaskan oleh General Manager PT Telkom Witel Samarinda, Slamet Riyanto Pardi saat dihubungi melalui sambungan zoom meeting, Selasa (11/5/2021).

Mengenai kelancaran jaringan tersebut, Slamet menjelaskan sudah melakukan beberapa persiapan bahkan dari tiga bulan sebelum perayaan hari besar. Telkom melakukan semacam pengecekan atau pengujian terhadap jaringan. Karena sudah bisa dipastikan penggunaan jaringan telekomunikasi akan meningkat dua kali lipat dari hari biasa.

“Kami di Telkom biasanya kurang lebih tiga bulan sebelum hari raya besar, sudah lakukan pengujian terhadap jaringan. Karena, biasanya pada hari H traffic, melonjak naik dua kali lipat malahan saat pandemi ini bisa jadi prediksi tiga kali lipat. Semua kapasitas network di Telkom kita uji coba sehingga kita bisa antisipasi lonjakan traffic tersebut,” jelasnya.

Dijelaskan lagi guna mengantisipasi jika terdapat lonjakan traffic yang signifikan, Telkom juga akan menaikkan beberapa kapasitas jaringan agar masyarakat dapat menikmati layanan komunikasi yang maksimal selama lebaran.

"Biasanya traffic naik pada jam 7 pagi hingga 12 siang. Jadi ketika ada lonjakan traffic, jaringan akan kita naikkan. Jadi untuk okupansi pemakaian jaringan itu maksimal 70 persen. Jadi lebih dari itu akan kita naikkan kapasitasnya ," ucapnya.

Selain antisipasi jaringan, Telkom juga menyiapkan beberapa posko lebaran yang bertugas 24/7 (24 jam seminggu) baik yang ada di kantor maupun di lapangan. Hal ini dimaksudkan untuk memanjakan pelanggan agar tidak boleh ada gangguan selama masa lebaran.

Meskipun sudah menyiapkan secara detil dan maksimal, namun jika memang terdapat gangguan, Slamet mengatakan masyarakat dapat melaporkan melalui channel IndiHome atau call center 147, pungkasnya.

"Jadi nanti di posko kami ada tiga tim. Tim pertama yaitu tim whole sale dari operator yang berlangganan dengan kami seperti Telkomsel dan operator-operator lainnya.

Tim kedua yaitu pelanggan corporate, seperti perbankan. Kemudian tim ketiga ada pelanggan untuk perumahan. Kurang lebih 200 teknisi sudah kami sebar di seluruh wilayah jangkauan Telkom Witel Samarinda yang dipersiapkan untuk pengamanan jaringan selama lebaran ini,” bebernya. (cht/pt)