Layanan

Harus Moderenisasi Fasilitas Imbangi Elektronifikasi Keuangan Berbelanja

  •   resa septy
  •   22 Juni 2021
  •   2:25pm
  •   Layanan
  •   148 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Elektronifikasi keuangan dalam bebelanja harus diimbangi dengan modernisasi fasilitas yang disuguhkan oleh Perbankan. Tidak serta merta mengajak untuk elektronifikasi, tetapi mengupgrade fasilitas untuk menunjang pemberian pelayanan juga perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim, Muhammad Faisal pada kesempatannya berbincang dalam program siar RRI Pro 1 Samarinda Halo Kaltim dengan tema “Elektronifikasi Digitalisasi Daerah di Kaltim”, Selasa (22/06/2021).

“Pengembangan ini bukan hanya persoalan Perbankannya saja, tetapi juga jaringan dan infrastruktur. Jadi memang harus duduk bersama, jangan sampai Perbankan oke tapi jaringan bermasalah. Semua stakeholders yang terlibat bisa saling diskusi, sehingga kita tahu apa yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Faisal pun berharap Satelit Satria sebagai percepatan konektivitas digital yang diinginkan Presiden RI, Joko Widodo di 2023 dapat beroperasi secara maksimal. Sehingga, Perbankan lebih mudah melengkapi fasilitasnya.

“Tinggal kita terus sosialisasikan kepada masyarakat tentang pelayanan ini dan yang paling penting adalah keamanan. Level keamanan dari hardware dan software kita harus dapat porsi yang cukup di anggaran maupun diperencanaan. Kaltim berdasarkan hasil audit, keamanan data kita masuk di level dua dan ini akan terus tingkatkan,” jelas Kadis Kominfo Kaltim.

Ajaknya kepada masyarakat agar dapat turut berpartisipasi bersama menyukseskan digitalisasi dengan saling bersinergi. Sebutnya, suka tidak suka penyesuaian menuju digital harus dilakukan agar tidak tertinggal jauh dengan negara-negara lainnya. (resa/pt)