Ketahanan

Seluruh Warga Negara Indonesia Punya Kesempatan Sama Untuk Bela Negara

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   23 Desember 2021
  •   10:46am
  •   Ketahanan
  •   147 kali dilihat
  •  

Jakarta — Tugas bela negara bukan hanya tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) semata, namun kewajiban seluruh masyarakat Indonesia sebagai warga negara yang merupakan komponen bangsa.

Karenanya, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama berbuat baik bagi bangsa dan negara dengan peran dan fungsinya sesuai profesi masing-masing.

“Saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut dalam bela negara, dimanapun kita berada, apapun pendidikan, profesi dan pekerjaan semua punya hak dan kewajiban serta kesempatan yang sama untuk bela negara,” ucap Bahtiar selaku Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dalam sambutan yang dibacakan Kasubdit Bela Negara pada Webinar Makna Bela Negara Bagi NKRI, Rabu (22/12/2021).

Menurutnya, untuk mewujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara, kesadaran bela negara terutama dalam bentuk memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

“Merupakan kebutuhan paling mendasar bagi setiap warga negara sebagai kesadaran politik untuk mencegah ancaman dan tatanan terhadap keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara,” katanya. 

Masih dalam momentum peringatan Hari Bela Negara, Bahtiar ingin mengajak masyarakat menjadikan momentum tersebut agar meningkatkan semangat diri dalam bela negara dan membangun bangsa.

“Bangsa ini akan besar apabila kita mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi. Perkokoh semangat bela negara dan bahu membahu, saling bergandengan tangan agar kita tangguh melewati berbagai ujian dan terus tumbuh menggapai cita-cita bangsa,” tegasnya. (cht/pt)