Ketahanan

Lemhanas RI Lakukan Diseminasi Sistem Pengukuran Ketahanan Nasional di Kaltim 

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Agustus 2023
  •   3:37pm
  •   Ketahanan
  •   646 kali dilihat

Balikpapan - Ketahanan Nasional memiliki nilai yang sangat strategis bagi terjaminnya kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kondisi ketahanan nasional harus terus dijaga agar cita-cita luhur bangsa sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dapat terus terpelihara. 

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dalam kapasitasnya sebagai penyelenggara pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional, regional dan internasional, terus berupaya menjamin keutuhan NKRI. 

Dalam usaha menjaga kondisi ketahanan nasional, Lemhanas RI menggelar Diseminasi Sistem Pengukuran Ketahanan Nasional di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kepala Pusat Laboratorium (Kapuslab) Lemhannas RI, Marsma TNI Suroto memaparkan, pengukuran ketahanan nasional dilakukan untuk mengetahui kondisi riil di setiap daerah. Kemudian, dapat diambil langkah atau upaya antisipasi strategis dengan melakukan penguatan pada aspek tertentu yang dinilai masih lemah. Melalui program-progam pembangunan nasional di daerah.

"Kondisi ketahana nasional harus terus dipantau. Demi mewaspadai dan menjaga agar republik ini selalu berada pada kondisi yang aman!" tegas Suroto saat membuka kegiatan Diseminasi Sistem Pengukuran Ketahanan Nasional di Provinsi Kaltim, Rabu (23/8/2023). Di Quartz 3 Lt. 16 Grand Sudirman Office Tower, Balikpapan.

Lemhanas dan Pemerintah Provinsi Kaltim juga telah menjalin kerja sama dalam peningkatan pengembangan ketahanan nasional di Kalimantan Timur. 

Pelaksanaan diseminasi sistem pengukuran ketahanan nasional tersebut, mengundang seluruh perwakilan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten/kota se Kaltim.

Hadir Kepala Bapppeda Provinsi Kaltim, Yusliando yang memaparkan gambaran umum capaian pembangunan di Benua Etam. Serta Kepala BPS Kaltim, Yusniar Juliana Nababan yang menyampaikan tentang data statistik dan kondisi ketahanan nasional. 

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan agenda teknis dengan paparan dari Kabid Pengukuran Ketahanan Nasional Laboratorium Ketahanan Nasional (Kurtannas Labkurtannas) Lemhanas RI, Reinhard Simangunsong. Terkait sosialisasi aplikasi Pengukuran Ketahanan Nasional. (Krv/pt)