Ketahanan

Akmal Malik : Ketahanan Pangan Kaltim Harus Dipersiapkan Sejak Dini

  •   Teguh Prasetyo
  •   29 Desember 2023
  •   6:12am
  •   Ketahanan
  •   374 kali dilihat

PPU - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik serahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan sarana produksi, di Desa Sumber Sari Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (28/12/2023). 

Pj Gubernur Akmal Malik menegaskan permasalahan yang dihadapi adalah persoalan ketahanan pangan dan Kaltim harus dipersiapkan sejak dini.

"Maka tidak ada pilihan seluruh infrastruktur ketahanan pangan, bahkan upaya antisipasi bencana pangan harus lebih optimal dilakukan lintas sektor," ujarnya.

Pj Gubernur Kaltim yang juga Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun menyampaikan apresiasi atas dukungkan Panglima Kodam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim beserta seluruh jajaran di tingkat desa dalam program ketahanan pangan dan penanggulangan bencana.

Di tempat yang sama Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyebutkan daerahnya menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara sejak 2024 terwujud, maka diperlukan pangan tidak kurang 450 ribu ton per tahun.

"Semoga bantuan peralatan pertanian ini menjadikan PPU sebagai lumbung pangan bisa terwujud," harapnya.

Makmur Marbun mengatakan bahwa dirinya bersyukur Kabupaten PPU memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah provinsi Kalimantan Timur. Salah satunya kata dia dengan hadirnya PJ Gubernur Kaltim yang menyerahkan langsung sejumlah bantuan alat pertanian kepada petani di kecamatan Babulu, Kabupaten PPU.

"Kami bersyukur sekali telah memperoleh bantuan ini. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Akmal Malik yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten PPU khususnya pada sektor pertanian yang ada," ucapnya.

Marbun menambahkan terkait ini bahwa Gubernur Kaltim telah menyampaikan bahwa yang menjadi tugas pemda PPU sesungguhnya bagaimana PPU sebagai lumbung pangan nasional.

Sementara, Kepala BPBD Kaltim Agustianur menjelaskan bantaun alsintan selain program prioritas Pemerintah Provinsi Kaltim, juga bantuan pasca bencana banjir yang menenggelamkan 1.500 hektar sawah petani Kecamatan Babulu PPU dan Kecamatan Long Kali Paser.

Bantuan Alsintan bersumber APBD Provinsi Kaltim dan APBD Kabupaten PPU terdiri Alsin pasca banjir, combine hardvester, handsprayer, kartu tani, sepeda motor dan pompa air.

Tampak hadir, Camat Babulu Muhammad Nadir dan Kepala Desa Sumber Sari Tahyatul Abidin, serta perangkat dan warga Desa Sumber Sari. (tp/pt)