Kesehatan

Wujudkan Generasi Emas Bebas Stunting

  •   prabawati
  •   19 September 2022
  •   7:48pm
  •   Kesehatan
  •   1216 kali dilihat

Samarinda - Tantangan besar dalam meningkatkan kualitas kesehatan sumber daya manusia (SDM) salah satunya adalah stunting atau kurang gizi. Kesehatan merupakan kunci agar anak-anak Indonesia bisa menjadi hebat, sehingga Indonesia bisa mencetak generasi emas pada tahun 2045.

Untuk mewujudkan dan memastikan generasi muda Indonesia menjadi SDM yang hebat perlu menjadi kesadaran bersama agar generasi emas bebas stunting terwujud.

"Yang harus menjadi kesadaran kita secara pribadi dan keluarga apapun fungsi kita sebagai anggota masyarakat maupun jadi ketua RT, RW dan sebagainya harus selelau berfikir melahirkan generasi emas,"ungkap Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada arahannya pada Penilaian Kinerja Kabupaten dan Kota Dalam Rangka Konvergensi Percepatan Penanggulangan Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, di ruang Crystal 2, Hotel Mercure Samarinda, Senin (19/8).

Menurut Hadi, salah satu wujud generasi emas adalah memastikan anak bebas dari segala penyakit salah satunya bebas dari stunting.

Sambungnya, stunting ini bukan sekedar kegagalan fisik, tapi bisa berubah menjadi kegagalan pertumbuhan otak.

"Bayangkan sekian persen dari bayi-bayi yang gagal pertumbuhan otaknya. Pertumbuhan otak itu 50 persen dari 0-5 tahun, bayangkan diberikan makan yang tidak bergizi maka pertumbuhan tidak sempurna,"tuturnya.

Balita harus menerima perhatian serius, jangan sampai diumur lima tahun berat badannya tidak memenuhi standar, karena berat badan sangat berpengaruh pada pertumbuhan otak, jantung, hati dan sebagainya.

"Perhatian kita harus serius pada tumbuh kembang anak usia balita,"pintanya.

Tambahnya mau tidak mau dalam penanggulangan stunting harus bekerjasama dengan pemerintah, Kabupaten dan Kota sampai unit terkecil yakni posyandu. (Prb/ty).