Kesehatan

TP PKK Kaltim Sosialisasi Pangan B2SA dan Konsumsi TTD ke Pelajar Mahulu 

  •   Khajjar Rohmah
  •   2 Maret 2024
  •   10:10pm
  •   Kesehatan
  •   257 kali dilihat

Ujoh Bilang - Masih dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Timur (TP PKK Kaltim) melakukan sosialisasi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) kepada pelajar SMA dan SMP di Kabupaten Mahulu. 

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari pembinaan dan sinergitas 10 program pokok PKK di Kabupaten Mahulu bersama Perangkat Daerah (PD) terkait. 

Pj Ketua PKK Kaltim, Yulia Zubir Akmal menerangkan, sosialisasi pangan B2SA dan konsumsi TTD kepada kelompok pelajar merupakan gerakan aksi bersama dalam menyongsong generasi emas 2045. Pemuda yang tumbuh sehat dan cerdas dapat menjadi bekal penguatan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di masa depan. 

"Kita harus mulai membudayakan diri untuk mengonsumsi B2SA. Pangan harus beragam. Makanan pokoknya beragam, tidak hanya nasi saja tapi bisa juga jagung, singkong, talas, dan ubi. Begitu juga sayur, lauk, dan buah-buahan," ujar Yulia Zubir Akmal di hadapan ratusan pelajar yang hadir dalam kegiatan Launching B2SA Go to School di Balai Adat Ujoh Bilang, Sabtu (2/3/2024) pagi. 

Dalam giat itu, para pelajar diberikan pangan B2SA dan Tablet Tambah Darah yang diminum secara serentak oleh pelajar putri. Acara juga dirangkai dengan sosialisasi anti narkoba oleh Jaringan Remaja Waspada Penyalahgunaan Narkoba (Jarwasnaba) SMAN 1 Long Bagun, pencanangan kampung literasi, dan sosialisais Buncu Baca Etam. 

Adapun dalam kegiatan tersebut, para pelajar aktif berinteraksi dengan beragam kuis dan hadiah yang dibagikan oleh panitia. Kegiatan juga semakin semarak dengan senam TTD dan yel-yel bersama para pelajar. (KRV/pt)