Kesehatan

Siap Lengkapi Data Kesehatan, Dinkes Dukung Satu Data Kaltim

  •   Khajjar Rohmah
  •   6 Januari 2023
  •   11:13am
  •   Kesehatan
  •   494 kali dilihat

Samarinda - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen menyiapkan data-data kesehatan yang lengkap dan terpadu dalam rangka mendukung penyelenggaraan Satu Data Kaltim.

Satu Data Kaltim sendiri merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah provinsi untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dibagipakaikan.

Kebijakan Satu Data Kaltim ini juga terintegrasi dengan kebijakan nasional, Satu Data Indonesia. Sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kepala Dinkes Kaltim, dr. Jaya Mualimin mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh upaya perbaikan tata kelola data pemerintahan. Terutama terkait data-data kesehatan yang dibutukan masyarakat.

Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim sebagai wali data tingkat provinsi. Dalam upaya pemenuhan dan pelayanan informasi data.

"Kami mendukung kebijakan Satu Data Kaltim. Jadi ini bentuk koordinasi bagaimana alur penyiapan datanya. Dan nanti akan kami siapkan juga di kantor kami, ruang monitoring untuk entry data di bidang kesehatan," jelas dr. Jaya saat mengunjungi ruang pusat data milik Diskominfo Kaltim, Jumat (6/12/2023).

Kunjungan itu disambut hangat oleh Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal dan didampingi oleh Kepala Bidang TIK, Dianto.

Faisal menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan finalisasi penyelenggaraan Satu Data Kaltim. Baik dari segi penyiapan perangkat teknologi, sumber data dari setiap instansi, hingga visualisasi tampilan portal Satu Data Kaltim.

"Jadi nanti semua data bisa diakses dalam satu portal. Misal data-data kesehatan, berapa puskesmas, berapa dokter, berapa perawat kita, itu tersedia datanya di satu portal. Sebagian data sudah ada, tapi belum update, terakhir ada yang baru sampai 2020. Nah ini yang kita minta kerjasamanya untuk melengkapi data dari instansi terkait," terang Faisal kepada Kadinkes Kaltim, Jaya Mualimin. 

Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Samarinda ini juga menjelaskan, penyiapan ruang pusat data masih dalam tahap finalisasi.

Pihaknya baru menyiapkan hardware untuk perangkat teknologi dan sebagian data set sebagai bahan visualisasi tampilan data. Namun Faisal berkomitmen, launching pusat data akan dilakukan sesegera mungkin untuk mempermudah layanan informasi data kepada masyarakat. 

Mengakhiri momen kunjungan, Faisal juga mengajak rombongan Dinkes untuk melihat ruang server yang dikelola oleh Diskominfo Kaltim. (KRV/pt)