Kesehatan

Pemprov Kaltim Targetkan 95 persen Pelaksanaan BICR

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   21 Januari 2022
  •   11:10am
  •   Kesehatan
  •   121 kali dilihat
  •  

Samarinda - Sebagai upaya untuk memutus transmisi penularan infeksi serta upaya eliminasi dalam waktu cepat Campak-Rubella di Indonesia, Pemerintah Provinsi Kaltim beserta stakeholder terkait akan melaksanakan vaksinasi dalam waktu dekat.

"Untuk Provinsi Kaltim bersama dengan seluruh Provinsi diluar Pulau Jawa dilaksanakan pada bulan Maret-April tahun 2022 mendatang dengan target minimal 95 persen. Data Estimasi sasaran BICR Prov. Kaltim sebanyak 764.043 anak," jelas Kepala Biro Kesra Setda Prov. Kaltim, Andi M Ishak di Ruang Tepian Kantor Gubernur, Kamis (20/1).

Kegiatan Bulan Imunisasi Campak Rubella (BICR) ini dilaksanakan dalam 2 (dua) fase yaitu bulan Maret dan Agustus tahun 2022. Namun untuk Kaltim sendiri akan dilaksanakan bulan Maret – April 2022.

Sasaran usia anak 9 (Sembilan) bulan sampai dengan < 15 tahun untuk Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kep. Riau. Kemudian sasaran 9 (Sembilan) bulan sampai dengan 12 tahun untuk seluruh provinsi di Pulau Sumatera, pulau Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Andi Ishak menuturkan, BICR dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah kab/kota atau milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan, serta pos pelayanan vaksinasi (indoor maupun outdoor).

Untuk Pembiayaan kegiatan BICR bersumber dari APBN (Dekonsentrasi, DAK Non Fisik/BOK), APBD dan sumber lain yang sah. Sementara itu untuk perhitungan estimasi sasaran dihitung berdasarkan data Penduduk Sasaran Program Pembangunan Kesehatan tahun 2022, urai Andi Ishak. (rey/cht)