Kesehatan

Pangdam Minta Rumah Sakit Tk. IV Awang Long Prioritaskan Pelayanan Untuk Masyarakat

  •   prabawati
  •   19 Februari 2024
  •   2:14pm
  •   Kesehatan
  •   425 kali dilihat

Samarinda - Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, menegaskan bahwa Pemerintah sangat memperhatikan kesehatan masyarakat, sehingga sektor kesehatan terus ditingkatkan. Hal ini dilakukan dengan menambah jenis fasilitas sarana kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih lengkap dan memuaskan bagi masyarakat.

“Saya ingin mengingatkan, khususnya kepada organik Rumah Sakit Tk. IV Awang Long Samarinda, agar dalam melaksanakan tugas pelayanan kesehatan,”pinta Pangdam saat persmian Rumah Sakit Tk. IV Awang Long Samarinda, Senin (19/2).

Pangdam menyadari Rumah Sakit memiliki fungsi sosial kemanusiaan. Namun tetap diwujudkan secara proporsional sesuai norma yang berlaku dan misi yang diembannya sebagai unsur pelaksana pelayanan kesehatan bagi Prajurit dan keluarganya.

Untuk menunjankan keberhasilan tugas pokoknya, maka Rumah Sakit hendaknya dikelola secara profesional. Berbagai langkah terobosan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama para tenaga medis dan para medis sesuai dengan perkembangan dunia kesehatan perlu mendapat prioritas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya secara profesional.

Aspek manajerial dan kualitas sumber daya manusia yang profesional sesungguhnya menjadi parameter penilaian mutu dan kinerja sebuah rumah sakit. Dalam arti semakin baik mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien, maka akan semakin dipercaya.

Pangdam minta fasilitas bangunan yang telah tersedia ini dengan baik dapat dirawat agar mampu memberikan rasa nyaman, tenang dan asri bagi para pasien yang dirawat maupun para pengunjung sehingga dapat memberikan kesan baik selama berada di lingkungan rumah sakit.

“Kesan seperti ini sangat berarti bagi citra dan kredibilitas rumah sakit di masa-masa yang akan datang, sekaligus diharapkan mampu mengangkat citra TNI di hati rakyat,”ungkapnya

Sebagai informasi Rumah Sakit Tk.IV Awang Long Samarinda ini dibangun diatas tanah seluas 8.800 m2, dengan luas bangunan 2.046,6 m² dengan didukung fasilitas kesehatan berupa ruang X-Ray, USG 4 dimensi serta ruang perawatan intensive (ICU, PICU dan NICU).

Rumah Sakit Tk. IV Awang Long Samarinda ini memiliki Tenaga Dokter Spesialis sebanyak 12 orang, sedangkan untuk Dokter Umum sebanyak 4 orang, Dokter Gigi sebanyak 2 orang, Perawat sebanyak 14 orang, Apoteker sebanyak 1 orang, Asisten Apoteker sebanyak 2 orang, Fisioterapi sebanyak 1 orang dan Non Nakes sebanyak 6 orang. (Prb/ty).