Kesehatan

Labkes Prov Kaltim Gelar Temu Pelanggan, Ajang Silaturahmi Hingga Berikan Penghargaan

  •   Sefty Wulandari
  •   30 Juli 2022
  •   7:08am
  •   Kesehatan
  •   589 kali dilihat

Samarinda - Sehat, Bahagia dan Profesional sebagai motto yang dipegang teguh oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Timur. Selain ketiga kata kunci tersebut, UPTD dibawah Dinas Kesehatan Kaltim ini, juga mengutamakan pelayanan yang prima kepada para pelanggannya. Sebagai salah satu upaya menjaga kualitas pelayanan, kegiatan Temu Pelanggan pun telah rampung digelar pada Jum'at (29/07/2022) malam bertempat di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda.

Mewakili Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Setyo Budi Basuki hadir membuka acara. Dalam sambutannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kaltim yang telah menggelar kegiatan ini.

"Selamat atas digelarnya kegiatan ini. Semoga masyarakat bisa lebih mengenal keberadaan UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dan meningkatkan peran aktif masyarakat dan pelaku usaha dalam hal pemakaian kekayaan daerah atas laboratorium kesehatan," ujarnya.

Selain itu, melalui kegiatan temu pelanggan ini diharapkan sinergi yang telah terjamin dapat ditingkatkan mengingat peran penting laboratorium kesehatan dalam menunjang pelayanan kesehatan pada masyarakat terutama dimasa Covid-19 yang masih ada di sekitar kita.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Agus Joko Praptomo mengajak kepada seluruh pelanggan dalam hal ini masyarakat untuk memberikan masukan dan saran kepada Labkes, agar dapat mempercepat dan meningkatkan performa pelayanan kepada pelanggan.

"Kepercayaan pelanggaan sangat penting. Begitupula Mutu atau Kualitas di Labkes. Kami harapkan Bapak/Ibu pelanggan dapat menyampaikan kepada kami kebutuhan pengujian yang diinginkan. Sejak dibentuknya, hingga sekarang pun, Alhamdulillah Labkes Provinsi Kaltim telah melalui sejarah panjang namun mutu kualitas pelayanan selalu menjadi perhatian terbesar kami," ucapnya.

Agus didampingi anggota pada pemaparannya pun menambahkan, dalam menjalankan fungsinya, yakni melaksanakan pelayanan dan meningkatkan mutu pengukuran, penetapan dan pengujian pada faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan, maupun kesehatan masyarakat, terdapat tiga hal terkait mutu yakni sistem mutu, jaminan mutu dan kontrol mutu yakni kontrol ketelitian yang menjadi fokus UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kaltim.

" Kami senantiasa berusaha agar apa yang kami lakukan untuk para pelanggan adalah benar-benar sesuatu yang valid, yang bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga, kami mempunyai program di dalam pengendalian mutu, yang bertujuan secara umum yakni kualitas dan tentunya muaranya adalah kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan," imbuhnya mengakhiri.

Pada malam temu pelanggan di penghujung akhir bulan Juli ini, sejumlah penghargaan pun diberikan oleh Laboratorium Kesehatan Provinsi Kaltim kepada sejumlah pelanggan terpilih, baik instansi, Rumah Sakit, Perusahaan, maupun individu yang telah setia menggunakan jasa Laboratorium yang berlokasi di Jl KH khmad Dahlan. Samarinda ini.

Perdana digelar, malam pertemuan tersebut mendekatkan seluruh pihak dan dimeriahkan oleh berbagai hiburan musik dan juga pertunjukan, di hadapan puluhan undangan yang terdiri dari seluruh Perangkat Daerah (PD) di Kaltim, Kepala Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta Provinsi Kaltim, Pimpinan Perusahaan BUMN dan juga swasta di wilayah Kalimantan Timur, serta Pelanggan independen UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kaltim. Hadir pula perwakilan dari Diskominfo Provinsi Kaltim yakni Kasubbag Umum, Agus Priyanto dan Kabid IKP dan Kehumasan, Irene Yuriantini. (sw/pt)