Kesehatan

Jaya Ajak Lintas Sektor Masyarakatkan Hidup Sehat

  •   prabawati
  •   14 Desember 2022
  •   1:03pm
  •   Kesehatan
  •   475 kali dilihat

Samarinda - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat yang merupakan langkah awal dalam membumikan paradigma sehat disetiap elemen masyarakat.

Guna mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kaltim, Biro Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Kaltim melibatkan semua sektor untuk penyiapkan bahan kebijakan tentang gerakan hidup sehat.

Mewakili Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim H Jaya Mualimin membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Implementasi Kebijakan Lintas Sektor Dalam Rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kaltim, di gelar di Ruang Tepian I, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (14/12).

Jaya mengatakan kegiatan ini merupakan satu gerakan sistematis dan berencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Penyiapan bahan tentang gerakan hidup sehat di Kaltim dimasukkan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat.

"Meninggalkan kebiasaan dan perilaku untuk memasarkan hidup sehat serta meninggalkan kegiatan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat,"papar Jaya.

Selain itu, diperlukan komitmen untuk menggerakkan masyarakat hidup sehat di Kaltim dengan cara meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan hidup sehat.

"Harapannya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat di masyarakat,"terangnya.

Kegiatan dihadiri 30 peserta dan menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan dan Dinkes Kaltim. (Prb/ty).