Kesehatan

Jangan Takut Efek Samping Vaksin

  •   prabawati
  •   14 Januari 2021
  •   8:53pm
  •   Kesehatan
  •   475 kali dilihat

Samarinda----- Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kaltim Padilah Mante Runa meminta masyarakat tidak takut terhadap efek samping yang mungkin timbul setelah mendapatkan vaksin virus Corona.

"Secara umum vaksi COVID-19 tidak memberikan efek samping. Bisa tidak ada, kalau yang imunya bagus tidak ada efek sampingnya,"ungkap Padila di Samarinda, Rabu (13/1).

Menurutnya vaksin ini, adalah antigen yang dilemahkan. Kalau kondisi badan fit, biasa tidak ada gejala.

Reaksi vaksinasi yang timbul jelasnya dapat beragam pada umumnya ringan, bersifat sementara dan tidak selalu ada serta bergantung pada kondisi tubuh.

Sebutnya reaksi paksa vaksinasi ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar. Namun demikian tetap perlu dimonitor.

"Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan resiko sakit, karena terinfeksi bila tidak di vaksin,"ugkapnya

Tambahnya, meski sudah di vaksin aturan wajib rapid test antigen sebagai syarat berpergian ke luar daerah, misalnya menggunakan pesawat terbang, tetap diwajibkan bagi pelaku perjalanan.

Kemampuan pembentukan antibodi usai vaksin tidak sama rata dimiliki setiap orang, ada yang langsung ada yang lambat dan ada yang tidak terbentuk. (Prb/Aty)