Kesehatan

Jadi Aksi Rutin, Dinkes Kaltim Siap Salurkan Tablet Tambah Darah ke Kabupaten/Kota

  •   Khajjar Rohmah
  •   26 Oktober 2022
  •   1:45pm
  •   Kesehatan
  •   1022 kali dilihat

Samarinda – Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang dimulai pada hari ini, Rabu 26 Oktober 2022 akan menjadi aksi rutin setiap pekan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat.

Setiap sekolah diharapkan dapat melaksanakan kegiatan aksi bergizi seminggu sekali yang diisi dengan senam pagi bersama, sarapan sehat, dan pembagian tablet tambah darah (TDD) untuk mencegah anemia atau kekurangan darah pada remaja putri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim, dr. Jaya Mualimin mengatakan, pihaknya siap menyalurkan TDD ke seluruh kabupaten/kota. Penyaluran TDD ini akan disalurkan secara gratis melalui Dinkes kabupaten/kota masing-masing.

“Target kegiatan aksi bergizi ini bisa kontinu atau berlanjut. Setiap sekolah kan punya UKS, nah bisa dibagikan  di situ tablet tambah darah lalu dikonsumsi satu minggu satu tablet selama satu tahun bagi remaja putri kita,” ungkap dr Jaya usai menghadiri Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMAN 1 Samarinda, Rabu (26/10/2022).



Kasus anemia pada remaja memang menjadi perhatian serius Dinkes Kaltim. Mengingat menurut survei, 32 persen remaja mengalami anemia.

“Karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulan, jadi memang ada risiko kekurangan darah. Itu akan mengganggu konsentrasi belajar karena mudah lelah, mengantuk, dan status gizi juga berkurang,” terangnya.

Adapun Kampanye konsumsi tablet tambah darah ini juga dilakukan di seluruh dunia secara global yang diinisiasi oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) dan World Health Organization (WHO).



“Di provinsi ada stoknya. Kalau pun kurang akan kita adakan penambahan lagi untuk tablet tambah darah, karena memang ada anggarannya untuk itu,” pungkas dr. Jaya. (KRV/pt)