Kesehatan

dr. Andriansyah : Pentingnya Deteksi Dini Kanker pada Wanita

  •   Ade Putri
  •   28 Mei 2024
  •   5:11pm
  •   Kesehatan
  •   222 kali dilihat

Samarinda – dr. Andriansyah, Sp.OG(K)Onk, seorang dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi dengan subspesialisasi onkologi, menjadi narasumber utama dalam seminar bertema "Deteksi Dini Kanker pada Wanita" yang diselenggarakan oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kalimantan Timur.

Dalam paparannya, dr. Andriansyah menjelaskan bahwa kanker serviks, atau kanker leher rahim, adalah jenis penyakit berbahaya yang sering menyerang wanita. Penyebab utamanya adalah human papilloma virus (HPV).

Ia juga menekankan bahwa kanker pada wanita, seperti kanker serviks, kanker ovarium, dan kanker payudara, dapat dicegah dan diobati lebih efektif jika terdeteksi sejak dini. Beliau menjelaskan pentingnya pemeriksaan rutin seperti mammografi dan pap smear, serta mengenali gejala awal kanker.

“Kanker serviks dan kanker payudara adalah dua jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Deteksi dini melalui pemeriksaan rutin dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi angka kematian. Saya mendorong semua wanita untuk tidak mengabaikan pemeriksaan kesehatan rutin dan segera memeriksakan diri jika menemukan gejala yang mencurigakan minimal 3 tahun sekali,” ungkapnya saat menjadi narasumber, Selasa (28/5/2024).

Seminar ini juga menyediakan sesi tanya jawab interaktif, di mana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan dr. Andriansyah mengenai berbagai isu terkait kesehatan reproduksi dan pencegahan kanker.

Melalui seminar ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker semakin meningkat, sehingga angka kejadian dan kematian akibat kanker dapat ditekan. (ade/pt)