Kerajinan

Dekranas Gelar Rakernas Guna Susun Program Kerja Satu Tahun Kedepan

  •   Teguh Prasetyo
  •   27 September 2022
  •   1:53pm
  •   Kerajinan
  •   98 kali dilihat

Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Rapat Kerja Nasional di Auditorium Istana Wakil Presiden, Selasa (20/9/2022). 

Dibuka langsung oleh Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma'ruf Amin. Dalam sambutannya mengungkapkan bahwasannya Pandemi Covid-19 memberikan dampak dan tantangan diberbagai sektor. 

"Termasuk bagi para perajin yang membuat produk Kriya, tantangan yang dihadapi diantaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar, minimnya regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) Perajin yang andal dan persaingan ketat dengan produk sejenis dari luar negeri yang telah membanjiri Indonesia," ungkap Istri Wakil Presiden RI. 

Rasa optimisme tersebut, lanjut Wury sudah seharusnnya ditunjukkan bahwa kita mampu melewati situasi ini dengan baik dan harus sanggup mengubah tantangan menjadi suatu peluang serta dapat mengambil hikmah dari kejadian pandemi ini.

"Kondisi ini perlu menjadi perhatian bersama dan dicarikan solusinya, serta dicarikan terobosan dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing sehingga perajin dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan dapat didorong untuk bersaing dipasar global," harap Wury Ma'ruf Amin.

Diakui Wury, Rakernas ini bertujuan untuk menyusun program kerja yang akan dijadikan pedoman bagi organisasi Dekranas dan Dekranasda di seluruh Indonesia selama satu tahun kedepan.

"Penyusunan program kerja ini sangat penting, khususnya jika dikaitkan dengan tujuan Dekranas yang sangat mulia diantaranya ialah, menggali, melestarikan dan mengembalikan warisan budaya bangsa, meningkatkan kualitas produk kerajinan dan pengrajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan serta mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pasar didalam negeri dan luar negeri," jelas Wury Ma'ruf Amin.

Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, perlu dilakukan fasilitasi dan pembinaan terhadap para pengrajin dalam upaya meningkatkan daya saingnya.

Turut hadir Ketua Harian Dekranasda Kaltim, Muhammad Sa'dudin didampingi Wakil Sekretaris Dekranasda Kaltim, Renny Ariani dan dihadiri oleh seluruh ketua Dekranasda atau yang mewakili se Indonesia. (tp/pt)