Kerajinan

147 Peserta Unjuk Karya Pada Gelaran Kriyanusa 2022

  •   Teguh Prasetyo
  •   22 September 2022
  •   2:43am
  •   Kerajinan
  •   212 kali dilihat

Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) kembali menggelar pameran Kriyanusa 2022 dengan tema 'Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing', yang berlangsung mulai 21 - 25 September 2022 di Hall A Jakarta Convention Center.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Rabu (21/9/2022). 

Ketua panitia Kriyanusa 2022, Elizabeth Thohir, menyatakan, tujuan utama dari pameran Kriyanusa 2022 adalah untuk membantu pemasaran produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usaha serta menampilkan produk unggulan.

Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah, dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin berkualitas dan berdaya saing di seluruh wilayah Nusantara.

"Tujuan utama dari Pameran Kriyanusa 2022 adalah membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usahanya serta menampilkan produk unggulannya," ujar Ketua Pameran Kriyanusa 2022 Elizabeth Thohir.

Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan Ikon Kriyanusa tahun ini dari Provinsi Lampung, berupa Motif Pucuk Rebung dan Motif Raja Medal. 

Pameran Kriyanusa 2022 menampilkan produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan Indonesia kian dikenal dunia. 

Pameran Kriyanusa 2022 ini juga dimeriahkan oleh acara talkshow, demo kerajinan kriya, fashion show dan kesenian dari berbagai daerah.

Penyelenggaraan acara Kriyanusa 2022 digagas oleh DEKRANAS, diikuti oleh 147 peserta dari berbagai daerah seluruh Indonesia. (tp/pt)