Keluarga

Pentingnya Pendampingan Orang Tua Bagi ABK

  •   prabawati
  •   30 April 2021
  •   1:29pm
  •   Keluarga
  •   378 kali dilihat
  •  

Samarinda--- Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) perlu penanganan dan perhatian khusus sebagai upaya menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar hidup serta tumbuh berkembang secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

"Negara, Pemerintah Daerah, masyarakat, keluarga dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak," ungkap Kasi tumbuh kembang anak DKP3A Kaltim Siti Mahmudah I K, di Samarinda, Jum'at  (30/4)

Perempuan yang kerap disapa Nia ini mengatakan ABK khusus adalah insan yang mengalami keterbatasan (keluarbiasaan) baik fisik, mental intelektual, sosial maupun emosional, sehingga  perlu perhatian khusus.

Penyebab ABK khusus tersebut menurutnya yakni herediter/keturunan, infeksi atau keracunan, trauma, lingkungan dan kekurangan gizi.

Kondisi individu anak kebutuhan khusus sangat berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya jika dibanding anak lain seusianya.

Keberadaan pendamping bagi ABK memiliki makna yang berarti bagi proses perlindungan dan tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, pengetahuan dan peningkatan kapasitas pendamping, yaitu orangtua, keluarga, dan masyarakat, dalam menghadapi anak berkebutuhan
khusus sejak dini akan memberikan dampak signifikan dalam merawat, memelihara, mendidik, dan meramu bakat atau potensi yang dimiliki setiap
anak berkebutuhan khusus.

Kesiapan dan kesiagaan orang tua dan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus merupakan kunci sukses penanganan, ditambah dukungan dari masyarakat dan pemerintah dalam menyediakan lingkungan dan fasilitas yang ramah terhadap anak
berkebutuhan khusus. (Prb/ty)