Keluarga

Melalui Peran TP PKK Fokus Terhadap Penurunan Angka Stunting

  •   Rizky Yusuf
  •   3 Agustus 2022
  •   6:48pm
  •   Keluarga
  •   164 kali dilihat

Balikpapan - Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi menghadiri acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltim sekaligus membuka pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke-19 Tahun 2022 pada Rabu (3/8/2022) bertempat di Dome Balikpapan Sport and Covention Center (BSCC).

Dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah yakni Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Bupati Berau Sri Juniarsih, Bupati Kutai Barat Fransiskus Xaverius Yapan, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, Wakil Wali Kota Bontang Najirah.

Peringatan HKG PKK ke-50 mengusung tema 'Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama'. Ini juga merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting terkait implementasi pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Hadi mengatakan, Peran dari pada TP PKK Provinsi Kaltim tersebut sangat membantu, terutama mensukseskan program - program Pemerintah, diantaranya penurunan angka stunting di Indonesia khususnya Kaltim.

"Meskipun angka stunting Kaltim masih di bawah nasional. Namun, Pak Presiden memerintahkan penurunan sesuai standar WHO. Oleh karena itu, kita memiliki waktu 2 tahun untuk menurunkan angka stunting dari 22,8 persen menjadi 14 persen,"ucap Mantan Legislator Karang Paci tersebut.

Wagub menjelaskan ada tiga kelompok wanita (ibu-ibu rentan) yang perlu mendapatkan perhatian serius, diantaranya remaja menjelang menikah, yang kedua ketika hamil, dan ketiga menyusui.

Disinilah peran PKK yang dapat dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi cara pencegahan stunting .

"Jadi 3 kelompok masyarakat ini harus mendapatkan perhatian serius. Baik melalui TP PKK atau Pemprov Kaltim melalui dinas kesehatan. Ini kewajiban kita untuk menurunkan angka stunting,”tegas Hadi.

Terkait dengan anggaran penurunan stunting, Wagub mengatakan pihaknya sudah menyediakannya di masing-masing kabupaten/kota.

“Di provinsi ada. Melalui dana desa. Di kabupaten/kota juga ada. Oleh karena itu, ibu-ibu dapat menjalankan penurunan stunting dengan lebih intensif,”tambahnya.

Untuk diketahui kegiatan dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba PKK untuk memperingati HKG ke-50. Pemberian penghargaan kepada juara lomba BBGRM ke-19 dan pemukulan kentungan sebagai tanda pencanangan BBGRM ke-19 2022, serta, penyerahan piala bergilir kepada pemenang lomba.

Turut hadir Wakil Ketua I TP PKK Prov. Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi,
Plt. Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas'ud Pejabat dilingkungan Pemkot Balikpapan
serta anggota Forkopimda. (rey/pt)