Kearsipan

Peserta Rakornas HKN Nikmati Jamuan Makan Malam dari Pemprov Kaltim

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 Mei 2024
  •   10:50pm
  •   Kearsipan
  •   174 kali dilihat

Samarinda - Ribuan peserta dari seluruh provinsi yang hadir dalam Rapat Koordinasi Hari Kearsipan Nasional (HKN) menerima jamuan makan malam dari tuan rumah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim). 

Mewakili Penjabat Gubernur Kaltim, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta HKN yang datang dari berbagai penjuru tanah air. 

"Pemprov Kaltim menyambut baik kegiatan Rakor HKN ini. Kami berkomitmen akan memberikan kesan yang baik sebagai tuan rumah," kata Diddy pada Acara Welcome Dinner Peserta HKN di Aula Odah Etam, Senin (27/5/2024) malam. 

Dalam kesempatan tersebut, Diddy juga mempromosikan beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Benua Etam. Di antaranya seperti Masjid Islamic Center Samarinda, Wisata Susur Sungai Mahakam, hingga wisata sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Tenggarong. 

"Pokoknya uang yang dibawa jangan disisakan. Habiskan saja! Di sini ada juga kain khas Sarung Samarinda yang harganya mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta," terang Diddy. 

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI, Andi Kasman menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Pemprov Kaltim. 

Ia menyebut dalam momentum HKN ke-53 Tahun 2024, seluruh pemangku kepentingan dan komunitas kearsipan siap menjaga dan melestarikan seluruh dokumen arsip baik di level daerah hingga nasional. 

"Hari kerasipan ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan betapa pentingnya kearsipan dalam menjaga marwah sejarah dan identitas bangsa. Arsip menjadi saksi bisu kehidupan bermasyarakat dan bernegara," ucap Andi Kasman. 

Sesuai tema yang diangkat pada HKN ke-53 yakni Sustainable Archiving for The Best Future, ia berharap arsip yang berkelanjutan dapat terus dilestarikan demi masa depan yang lebih baik. 

Hadir dalam Welcome Dinner HKN, Plt Kepala ANRI Imam Gunarto, Kepala Dinas DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin, serta seluruh peserta Rakor HKN se-Indonesia. (KRV/pt)