Keamanan

Kuatkan SDM, Diskominfo Gelar Workshop Pengelolaan Kaltimprov-CSIRT

  •   prabawati
  •   9 Desember 2021
  •   2:54pm
  •   Keamanan
  •   224 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Sebagai tindak lanjut Launching Kaltimprov-CSIRT (Computer Security Incident Respond Tim) yang telah dilaksanakan pada 16 November 2021 lalu. Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim menggelar Workshop Pengelolaan Kaltimprov-CSIRT di Swiss-Belhotel, Kamis (9/12).

Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Diskominfo Kaltim Dianto mengatakan upaya peningkatan keamanan siber tidak cukup hanya dilakukan dengan membentuk CSIRT tetapi perlu diiringi dengan peningkatan kapasitas CSIRT khususnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi ujung tombaknya layanan.

"Tim Kaltimprov-CSIRT perlu mendapat tugas-tugas yang jelas dalam menangani keamanan informasi di Provinsi Kaltim," terangnya.

Lanjutnya, selama pandemi ini serangan hampir setiap saat ada. Pihaknya telah memiliki monitoring pengawasan pengendalian dan kontrol untuk dapat di eliminir berbagai serangan.

"CSIRT itu punya indonesia untuk mengendalikan seluruh serangan yang ada," paparnya.

Setelah mendapatkan pengetahuan dari BSSN Kaltim, nantinya akan disosialisasikan ke Kabupaten/kota untuk meningkatkan SDM.

Dianto pun berpesan agar tim Kaltimprov-CSIRT bekerjasama tidak bekerja sendiri-sendiri.

"Kita tidak boleh memamerkan kekuatan kita tapi kita selalu belajar,"tutupnya

Kegiatan tersebut diikuti internal dari dari Bidang TIK dan Persandian Diskominfo Kaltim dengan menghadirkan narasumber Asisten Pengolah Data Keamanan Siber dan Sandi BSSN. (Prb/ty).