Infrastruktur

Pemprov Kaltim Alokasikan Rp 840 Miliar untuk Perbaikan Jalan Tahun 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   11 Mei 2023
  •   11:17am
  •   Infrastruktur
  •   930 kali dilihat

Balikpapan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) terus berupaya memperbaiki infrastruktur jalan sebagai penghubung interkonetivitas antar kabupaten/kota. Tahun ini, Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran sebesar Rp 840 miliar untuk perbaikan jalan provinsi di beberapa wilayah.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Provinsi Kaltim, Hariadi Purwatmoko menyatakan, rekonstruksi jalan di ruas-ruas jalan provinsi ditargetkan sepanjang 67 kilometer (km) pada tahun ini.

Beberapa ruas jalan tersebut di antaranya meliputi ruas jalan Simpang Patung Lembuswana-Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Simpang 4 Kaliorang-Talisayan yang menghubungkan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kabupaten Berau. Serta Tanjung Redeb -Talisayan yang berlokasi di Kabupaten Berau.

“Targetnya adalah untuk meningkatkan kemantapan jalan provinsi dari 77,5 persen di akhir 2022 menjadi sekitar 82 persen di akhir 2023,” kata Hariadi dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Dia menambahkan, alokasi anggaran untuk rekonstruksi jalan di 2023 dan seluruh paket pekerjaan sudah berjalan. Dimana pengadaan dilakukan menggunakan e-katalog. Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kaltim, M Aji Fitra Firnanda menyebutkan proyek jalan dijadwalkan akan selesai tepat waktu.

"Jadi, Insya Allah 100 persen tuntas dari patung Lembuswana sampai Sebulu, tentunya tak bergelombang lagi. Tuntas 2023 sampai Sebulu, sesuai SK Jalan Provinsi," tegasnya.

Pembangunan jalan ini menurutnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Terutama bagi mereka yang bekerja sebagai petani, pekebun, dan peternak. Sekaligus bagian dari upaya pemerintah daerah dalam memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat. (*/KRV/pt)

Sumber: Bisnis Kalimantan