Hiburan

Siap-Siap! Malam Minggu Ini Ada “Jazz Tengah Jalan”

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   18 Januari 2023
  •   5:58am
  •   Hiburan
  •   690 kali dilihat

Samarinda - Masih dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 66 Pemprov Kaltim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Kaltim) melaksanakan kegiatan Car Free Day (CFD) dengan menggelar acara Jazz Tengah Jalan yang merupakan bagian acara Bara's CFD Fest atau Basuki Rahmat Street Car Free Day Festival tanggal 21-22 Januari 2023.

"Kami gelar Jazz Tengah Jalan malam minggu ini untuk hiburan masyarakat terutama penggemar Jazz, merayakan HUT ke 66 Pemprov Kaltim, sekaligus launching event-event Jazz tahun 2023 di Kaltim," ucap Kadis Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal.

Dirinya berharap setidaknya akan ada empat event jazz tahun 2023 di Kaltim yang bisa jadi ajang promosi nasional, seperti Ramadhan Jazz dan Mahakam Jazz Fiesta di Samarinda, Oil Jazz Balikpapan dan bulan Oktober ada Derawan Jazz.

Street Jazz ini terakhir tercatat digelar tahun 2009 di Malioboro Jogjakarta, setelah itu vakum atau juga tak terberitakan mungkin. Sedangkan, di dunia ada beberapa, antara lain di Toronto (Canada), di Pittsburgh (Amerika Serikat), di Rochester (Amerika Serikat) dan Kobe Street Jazz (Jepang).

"Dengan panggung rendah tanpa tenda di jalan Basuki Rahmat, kita berharap penggemar jazz bisa menikmati santai musiknya bahkan sambil dudukan di jalan aspal no problem. Walaupun line up di awal ini hanya para Jazzer Kaltim, mudahan tahun depan berlanjut dengan bintang tamu dari luar kota," ucapnya serius.

Tapi hadirnya YK Band Samarinda, sebenarnya sudah memberi warna acara ini, apalagi group jazz lain juga tak kalah mumpuni seperti Jazz Kampung Timur, Saxophones Of Borneo, Eclips Band, The Flexa.

"Tampil pula nanti Tiara Bintang dan mas Icha Vokalis Jikustik serta kawan-kawan jazzer yang tergabung di PAPPRI Jazz Kaltim," lanjutnya bersemangat.

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso direncanakan juga akan hadir memeriahkan panggung Jazz Tengah Jalan tahun ini, sebagai bentuk dukungan terhadap musisi Jazz di Kaltim dalam kapasitas Ketua PAPPRI Kaltim.(mf/pt)