Hiburan

Malam Puncak Mahakam Fashion Festival  2022 Disuguhkan Karya 10 Designer Terbaik Kaltim

  •   Primayudha Amrullah
  •   17 Juli 2022
  •   11:11am
  •   Hiburan
  •   994 kali dilihat

Samarinda- Malam puncak Mahakam Fashion Festival 2022 disuguhkan Pagelaran karya 10 Designer terbaik di Kalimantan Timur khususnya Kota Samarinda. Pagelaran dengan melibatkan 50 model baik dewasa maupun anak-anak, bertempat di Mahakam Lampion Garden (MLGM), Sabtu (16/07/2022) malam.

Mahakam Fashion Festival 2002 yang merupakan acara entertainer diinisiasi oleh komunitas yang berasal dari elemen penggiat Model, Desainer, Fotografer dan Make Up Artist (MDFM) berkolaborasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur.

Acara yang telah dimulai 15 Juli tersebut dibuka mewakil Wali Kota Samarinda oleh Kepala Bidang SDM Disparpora Kota Samarinda, Dra. Hj. Zainun. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya sebagai pelaku ekonomi kreatif yang merupakan lokomotif ekonomi kreatif khususnya di Kota Samarinda.

Event ini, lanjutnya juga menyatukan elemen penting yang terdiri dari fashion designer, lembaga akademis, industri kecil, pengrajin, bisnis, asosiasi serta pemerintah untuk mengembangkan daya kreatifitas.

Muhammad Faisal selaku Kepala Diskominfo Prov Kaltim yang hadir beserta Isteri Ima Chelwina Faisal  mengungkapkan turut bangga melihat perkembangan ekonomi kreatif di kota Samarinda.Semakin berkembang, sehingga kedepannya pada saat Kaltim menjadi Ibukota Nusantara mampu bersinergi dengan pelaku ekonomi kreatif dari daerah-daerah lainnya.

"Apresiasi buat anak2 muda yg kreatif di kota Samarinda, yang berhasil mewujudkan sebuah ide menjadi kenyataan, ini yang paling penting saya hargai, ada sebuah proses perjuangan yg kuat disini,"ucap Faisal.

Menurutnya segera lakukan evaluasi menyeluruh, siap menerima kritikan dan saran, yang gunanya untuk perbaikan di event berikutnya. Dijaga networking yang sudah terjalin dengan baik ini dan tingkatkan terus kolaborasi, sekarang ini zamannya kolaborasi bukan lagi kompetisi, apalagi persaingan tdk sehat jika ingin maju.

"Mudahan juga bisa diwujudkan kolaborasi se tingkat Kaltim, untuk mendukung kesiapan dan memperkuat muatan lokal kita ke arah IKN kelak,"seru Faisal.

Sementara itu, Ketua pelaksana Dandung (FG senior) menambahkan MDFM Samarinda terinisiasi dari seorang sahabat yang menderita sakit dan sebatang kara di Samarinda.

Dirinya menyebutkan sebagai pendatang di Samarinda ingin membangun komunikasi untuk bisa membantu sahabat yang sedang sakit (mak wahyu) tersebut untuk berdonasi bantu galang dana, agar bisa bertahan. Pada akhirnya terbentuklah komunitas kecil para enterpreinur muda bidang enterteiner Samarinda.

“Mahakam Fashion Festival 2022 bertujuan untuk menggerakkan sekaligus mengembangkan industri Fashion. Adapun teanya “Fantastic Borneo “ dengan harapan daapat menyatukan elemen industri untuk meningkat akan daya kreativitas bagi fashion dunia yang memiliki misi menggerakkan industri fashion Samarinda. Dengan ekonomi kreatif Samarinda kita memajukan visi pemerintah Samarinda sebagai kota pusat peradaban,” pungkasnya.

Turut hadir NA WO menjadi pembuka acara dengan menampilkan karya terbaiknya dalam sentuhan Wedding. Kemudian pengumuman pemenang foto kontes dan video kreatif dengan tema "All about Mahakam”.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan baju karnaval berbasis budaya Samarinda oleh De Mehong Inspiration karya Suko Wibowo juga sebagai fashion pembuka dan penutup dengan tema Fantastic Borneo pada gelaran tersebut.

Adapun 10 Designer terbaik di Kalimantan Timur diantaranya, Not Collection by Toni, Irsanie by Irwan Saputra, Batik Atikna by ibu Silvi Vidiarti, Asrah Mode by Asrah Qonitah Husna, Gilfa Fashion by Musrifah,  Ar Raffi by Nisfatin Yurifat, Zain kebaya by Zainul Husein, Violet Fashion Designer By Ade Lawang, Najah Garjita by Dendi Setiawan, Suko Wibowo by De mehong inspiration. (addg/pt)