Hiburan

Kesbangpol Fest 2023 Ditutup, Sekda Sri Wahyuni : Kaltim Daerah Yang Damai dan Harmonis

  •   Rizky Yusuf
  •   11 Desember 2023
  •   8:53am
  •   Hiburan
  •   341 kali dilihat

Samarinda - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni secara resmi menutup Kesbangpol Fest 2023 di Gor Kadrie Oening Sempaja, depan Hotel Atlet Samarinda pada Minggu (10/12/2023) malam.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur sebagai pioner dengan maksud dan tujuan, pameran dan pengenalan secara publik terhadap produk layanan organisasi kemasyarakatan (Ormas) kepada masyarakat diberbagai bidang.

Dalam kesempatan itu, Sri Wahyuni sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kaltim sebagai upaya mewujudkan  Kaltim yang harmoni, bersatu dalam keberagaman serta perbedaan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, saya mengucapkan apresiasi kepada Ormas dan lembaga yang ikut serta dalam acara ini dan juga ikut memberikan dedikasi pengabdian dan kontribusi untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif di Kaltim,"ujar Sri Wahyuni.

Di hadapan ribuan penonton, Sekda juga mengungkapkan bahwa Kaltim akan segera menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tentu dengan perpindahan Ibukota ini akan banyak sekali masyarakat-masyarakat yang dari luar pulau Kalimantan akan berdatangan, terutama rekan rekan dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kemudian, yang paling ditunggu tunggu juga bagi rakyat Indonesia bahwa upacara 17 Agustus tahun 2024 akan dilaksanakan disana (IKN). 

"Kita ingin Kaltim bersiap diri untuk menjadi mitra strategis IKN. Hari ini Kesbangpol Fest Tahun 2023 hadir untuk menyajikan dan membuktikan bahwa Kaltim adalah daerah yang damai dan harmonis,"jelasnya.

Ia menambahkan juga di tahun depan 2024, tentu akan banyak event event berskala Nasional maupun Internasional. Kesbangpol Kaltim memang bukanlah Instansi yang menangani pariwisata dan ekonomi kreatif, namun Sekda sangat mengapresiasi sudah melaksanakan Kesbangpol Fest 2023.

"Tahun depan lanjut? Kalau lanjut request konsep acaranya seperti apa silahkan. Berikan masukan di media sosialnya Kesbangpol Kaltim, baik di Instagram dan sebagainya," Imbuhnya.

Sekda berharap Kesbangpol juga bisa menggandeng mitra-mitra kerja Pemerintah lainnya seperti BUMD, sektor perbankkan serta perusahaan lainnya.

Di tambahkan juga, Kaltim saat ini termasuk daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. Ekonomi Kalimantan Timur secara kumulatif Triwulan I-2023 sampai dengan Triwulan III-2023 terhadap kumulatif Triwulan I-2022 sampai dengan Triwulan III-2022 tumbuh sebesar 6,34 persen (c-to-c).

Tentu dengan melihat kondisi tersebut, sekda mengimbau kepada masyarakat Kaltim agar jangan menodai dengan hal-hal yang tidak semestinya harus terjadi. Perbedaan-perbedaan Jangan dijadikan pemicu untuk menjadi pertengkaran maupun perselisihan. 

"Dan jangan memulai ini lewat sosial media. Gunakan sosial media secara arif guna merajut persatuan dan kesatuan kita. Dengan mengucap alhamdulillah hirabbil 'alamin, Kesbangpol Fest 2023 secara resmi saya nyatakan ditutup," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim, H. Sufian Agus, dalam laporannya menambahkan, jumlah stand yang tampil pada gelaran ini berjumlah 40 stand.

Sufian mengakui jika acara ini banyak sekali rekan rekan ormas yang ingin berpartisipasi.

"Karena kemampuan kita hanya 40 stand, kami mohon kepada bu Sekda agar anggaran kami ditambah dan kedepan kami akan menggelar acara ini lebih besar lagi. Kita laksanakan dua hari biar tambah meriah lagi,"tambahnya disambut tepuk riuh ribuan masyatakat Kota Samarinda.

Acara telah dibuka sejak Minggu pagi, dengan dimeriahkan berbagai penampilan diantaranya kreasi budaya dari masing masing perwakilan ormas, kemudian dilanjutkan dengan talkshow yang diisi baik dari Kementrian Agama RI Kanwil Kaltim.  

Serta ada juga dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kaltim, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Kaltim.

"Talk Show ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan serta mendukung program kerja Pemprov Kaltim,"ujar Sufian.

Kemudian, ada lomba paduan suara Kesbangpol Provinsi Kaltim, Kesbangpol Go Talent, lomba Video Kreatif serta lomba menghias stand terkreatif.

Sebagai dari bagian puncak acara pada malam itu, juga dimeriahkan artis yang juga merupakan musisi asal Malang yakni Sal Priadi. (rey/pt)