Ekonomi

UMKM Harus Jadi Kekuatan Ekonomi Baru

  •   prabawati
  •   28 September 2021
  •   3:14pm
  •   Ekonomi
  •   489 kali dilihat

Samarinda - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus menjadi kekuatan ekonomi baru, sehingga produk-produk UMKM semakin dikenal dan diminati masyarakat baik nasional maupun internasional.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Timur, Tutuk SH Cahyono pada Webinar Motivasi Kewirausahaan "Cinta Produk Lokal, UMKM Bangkit, untuk Indonesia Maju"yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (28/9).

Untuk itu Pemerintah Provinsi  maupun Kabupaten dan Kota harus rajin dan optimis membangun UMKM sebagai kekuatan ekonomi baru.

"Begitu banyak potensi-potensi yang ada di Kaltim yang seharusnya pelaku-pelaku Kaltim ini yang menggali itu,"tuturnya.

Tutuk mengatakan Bank Indonesia terus  berkontribusi untuk bisa membantu Pemerintah Daerah dalam membangun UMKM yang kuat dan bisa menembus pasar-pasar yang lebih luas.

Lanjutnya, apabila tadinya hanya berjualan di dalam daerah saja, maka kedepan harus mampu meningkatkan daya saing, hingga menembus pasar-pasar nasional bahkan global.

"Kita harus optimis untuk terus bisa memproduksi barang-barang yang berdaya saing  menembus  pasar-pasar lebih luas lagi,"pintanya (Prb/ty).