Ekonomi

UMKM Diminta Perkuat Struktur Perekonomian Kaltim

  •   prabawati
  •   4 Juli 2023
  •   12:11pm
  •   Ekonomi
  •   596 kali dilihat

Samarinda - Mendukung pengembangan UMKM potensial ekspor di Provinsi Kalimantan Timur dan peningkatan awarenes areness serta pengetahuan pelaku usaha di daerah mengenai perkembangan kebijakan ekspor, Kantor Perwakilan Bank Indonesia  menyelenggarakan rangkaian kegiatan pelatihan Export Kaltimpreneurs Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Maratua BI Kaltim, Selasa (4/7).

Mewakili Gubernur Kaltim, Staf Ahli Gubernur Bidang I Politik, Hukum dan Keamanan Provinsi Kaltim Ririn Sari Dewi menyambut baik atas dilaksanakan Seminar Terbuka Export Kaltimpreneurs 2023.

Ririn mengatakan kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dan pengetahuan tetapi menghadirkan kesempatan emas bagi UMKM potensial eksport di Kaltim.

Globalisasi yang semakin berkembang  perdagangan internasional menjadi motor utama perekonokian suatu negara.

Sebutnya, produk lokal memiliki peran penting dalsm meningkatkan daya saing dan posisi di Internasinal.

"Oleh karena itu, tema Menakar Peluang Ekspor Produk Lokal di Pasar Internasional sangat relevan dan menarik untuk di diskusikan,"tuturnya.

Sementara Plh. Kepala Perwakilan BI Kaltim Hendik Sudaryanto menuturkan UMKM sangat diharapkan kontribusinya untuk memperkuat struktur perekonomian Kaltim sehingga lebih berdaya tahan dan tidak bergantung pada perubahan pola harga komoditas.

Untuk itu, BI Kaltim menyusun program komprehensif bagi UMKM di Kaltim yang sudah memiliki kapasitas yang baik untuk naik kelas menuju Go Ekspor melalui rangkaian program Export Kaltimpreneurs.

Export Kaltimpreneurs merupakan program edukasi, pelatihan dan pendampingan secara komprehensif kepada UMKM yang memiliki potensi ekspor di Provinsi Kalimantan Timur untuk dapat meningkatkan kapasitas kualitas dan kuantitas UMKM dalam melaksanakan ekspor.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi, Pimpinan Instansi Vertikal dan Perangkat Daerah, Pimpinan Perbankan maupun UMKM.  (Prb/ty)