Ekonomi

Sosialisasi dan Edukasi TKDN: Memperkenalkan e-Katalog untuk Jaringan Bisnis UKM dan PD di Kaltim

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   28 Juni 2024
  •   11:51am
  •   Ekonomi
  •   175 kali dilihat

 

Samarinda - Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) semakin krusial sebagai motor penggerak ekonomi daerah, berkontribusi signifikan dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan  dan mendorong inovasi. Namun, akses pasar yang memadai menjadi tantangan utama yang perlu diatasi.

Melihat pentingnya peran UKM, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi Kaltim menggelar Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan e-Katalog untuk Membangun Jaringan Bisnis antara UKM dan Perangkat Daerah (PD) di Hotel Puri Senyiur pada Jumat (28/6/2024).

Kepala Bidang Perdagangan yang mewakili Kepala Dinas PPKUKM, Ali Wardana, menekankan pentingnya e-katalog dalam meningkatkan transparansi, efisiensi, dan efektivitas, serta membantu UKM berdaya saing di era digital saat ini.

“Kita dapat memastikan produk lokal kita memiliki perhatian besar untuk berpartisipasi dalam pengadaan yang dilakukan pemerintah. Sosialisasi dan edukasi e-katalog ini diharapkan dapat membangun jaringan bisnis antara UKM dan PD di Kaltim, sehingga usaha dapat maju dan berkembang,” ujar Ali.

Ali juga menjelaskan bahwa e-katalog sangat membantu UKM dalam proses bisnisnya. UKM yang terdaftar dalam e-katalog terjamin produknya, memudahkan PD atau pihak lain yang ingin membeli barang atau jasa dari UKM tersebut dengan melihat daftar yang tersedia, termasuk jenis barang dan jasa, harga, serta kontak yang dapat dihubungi.

“Penting bagi kita untuk memastikan pelaku UKM dapat memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga barang yang sudah disiapkan tidak sia-sia tanpa pembeli,” tegas Ali.

Acara yang dihadiri oleh 200 peserta dari UKM dan PD lingkup Pemprov ini juga menghadirkan narasumber dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Samarinda, Haspiadi, serta mengundang pelaku UKM yang telah terdaftar di e-katalog.

Selain itu, acara ini dirangkai dengan Bisnis Matching untuk mengenalkan pelaku usaha dan PD, sehingga dapat membangun jaringan bisnis yang berdampak positif bagi daerah, memperkuat kemandirian ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja baru. (cht/pt)

 

foto : Hamid