Ekonomi

Semangat Berwirausaha, Hadi Buka  Sangkulirang Preneur Xtravaganza

  •   rizki yusuf rey
  •   13 Februari 2022
  •   6:52pm
  •   Ekonomi
  •   175 kali dilihat
  •  

Samarinda - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur ,H. Hadi Mulyadi menghadiri sekaligus membuka acara Sangkulirang Preneur Xtravaganza "baimbai batulungan" serta Talkshow dengan tema "Mindset menentukan ayo kembangkan semangat kewirausahaan"  yang Digelar di Plaza Hotel Mesra International, Minggu (13/2) pagi.

Acara tersebut merupakan inisiasi dari Kerukunan Warga Sangkulirang (KWS) dihadiri oleh tokoh-tokoh wirausaha antara lain Pembina Kerukunan warga Sangkulirang (KWS) Kutim, Drs. HM Alwie Dulhasim, Ketua KWS Kaltim Abdul Samad, Ketua KWS Samarinda Yusan Triananda serta tokoh masyarakat HM Balfas syam.

Dalam kesempatan itu Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara bahwa pentingnya bekerja  keras, ikhlas dan bekerja dengan cinta untuk membangun Kaltim Berdaulat.

Wagub juga menceritakan sebagai mana kisah perjuangan yang dilakukan oleh Siti Hajar ibu Istri dari Nabi Ibrahim A.S, yang berusaha mencari air untuk anaknya Nabi Ismail A.S sebanyak 7 kali.

Maksud dari cerita tersebut, Hadi menjelaskan bahwa rezeki sudah ada yang mengatur karena Allah telah menjamin rezeki setiap makhluk. Akan tetapi tetap diperlukan usaha maksimal untuk meraihnya salah satunya dengan bekerja keras sebagaimana prinsip yang diajarkan Nabi Ibrahim, jelasnya.

"Jangan pernah khawatir dengan rezeki, yang penting kita terus bekerja. Yang ingin sukses, ingin mendapatkan rezeki empat rahasianya bekerja keras, bekerja Ikhlas, bekerja penuh cinta dan doa,"ucap Wagub Kaltim.

Hadi menambahkan, melalui kegiatan ini  menginginkan agar kelak generasi penerus terutama anak-anak mengingat kita sebagai orang yang pekerja keras.

"Ini semangat yang harus kita wujudkan dan kita jaga kepada anak kita. Dan Acara pada hari ini mengajarkan kita pentingnya bekerja keras. Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, kita buka acara Sangkulirang pleneur Extravaganza. Mudah-mudahan acara ini dapat membangun spirit bagi kita untuk membangun Indonesia,"pungkasnya.

Sementara itu laporan dari panitia penyelenggara mengungkapkan, acara tersebut berangkat dari kegalauan terkait rendahnya rasio kewirausahaan Kaltim khususnya dan Indonesia

pada umumnya, Kerukunan Warga Sangkulirang (KWS) yang banyak menelurkan tokoh-tokoh visioner Kaltim, merasa terpanggil untuk menginisiasi gerakan pembentukan wirausahawan Kaltim yang bernama SANGKULIRANG PRENEUR.

Langkah-langkah nyata, bersifat kolaboratif, berkelanjutan dan berorientasikan praktek diperlukan. Menjadi wirausaha hanya bisa

diwujudkan dengan praktek.

Mindset yang terbentuk diharapkan bisa ditularkan di lingkungan keluarga dan tetangga. SANGKULIRANGPRENEUR direncanakan menjadi wadah inkubasi dan pengembangan wirausahawan Kaltim dengan target tidak hanya pasar nasional tapi juga pasar global.

Kami mengajak semua yang berminat menjadi wirausahawan, namun juga praktisi bisnis yang sudah berpengalaman untuk bergabung dalam rangka menimba dan membagi ilmu serta memperluas jaringan.

Turut Hadir Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kaltim Dra. Sri Wahyuni, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Samarinda Ibnu Araby. (rey/pt)