Ekonomi

RDP Dengan BI, Ricky : Perkembangan Global Mempengaruhi Ekonomi Nasional Termasuk Kaltim

  •   Rizky Yusuf
  •   21 Juni 2022
  •   12:39pm
  •   Ekonomi
  •   554 kali dilihat

Samarinda – DPRD Kalimantan Timur melalui Komisi II menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim guna membahas pertumbuhan ekonomi di Kaltim, Senin (20/6/2022).

Dalam RDP tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Ricky Perdana Gozali menerangkan bahwa Indonesia khususnya Kaltim perlu mencermati dengan baik mengenai perkembangan dan pertumbuhan ekonomi global, selain itu pentingnya menjaga laju inflasi.

"Karena, perkembangan global benar-benar berpengaruh pada ekonomi Nasional termasuk Kaltim,"ujar Ricky.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono membenarkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kaltim secara keseluruhan sudah meningkat setelah sebelumnya menurun akibat ketegangan kedua negara antara Ukraina dan Rusia.

Dengan kondisi tersebut, benar-benar berpengaruh terhadap perekonomian di dunia termasuk Indonesia, sebutnya.

"Alhamdulillah ekonomi Kaltim sudah positif, semoga Kaltim terus bertumbuh dan pemerintah bisa menekan inflasi ini," terangnya.

Senada Anggota Komisi II DPRD Kaltim Elly Hartati Rasyid, pertemuan ini merupakan silaturahmi sekaligus perkenalkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim yang baru.

Menurutnya, ditengah kondisi Global yang sedang bergejolak, pertumbuhan ekonomi di Indonesia terkhusus di bumi etam masih terbilang kuat. Nilai tukar Rupiah juga tidak terpengaruh seperti halnya negara lain.

"Bank Indonesia juga menyampaikan bahwa cadangan devisa kita juga sangat banyak," jelas Politisi PDI Perjuangan tersebut. (rey/pt)