Ekonomi

PKK Kaltim Ajak Anak Muda Bertani

  •   teguh p
  •   11 April 2021
  •   10:06am
  •   Ekonomi
  •   336 kali dilihat

SAMARINDA – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kaltim memanen cabe.

Kegiatan yang bekerjasama dengan bersama Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura tersebut di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Insani Di Desa Berambai Kecamatan Samarinda Utara, Sabtu (10/4/2021).

“Kegiatan ini dalam rangka pemanfaatan pekarangan sistem fertigasi pada tanaman cabe. Keberadaan P4S ini diharapkan pemerintah daerah, karena bisa menghasilkan petani yang unggul dan bisa menghasilkan pendapatan," tutur Norbaiti.

Ketua TP PKK Kaltim juga mengajak kepada anak muda di Kaltim untuk mengikuti jejak Keberhasilan petani.

"Ada teknologi yang dapat dikembangkan agar hasil pertanian lebih baik dan maksimal, jadi anak muda di Kaltim ayo bertani," ajaknya lagi.

Norbaiti mengambil contoh lahan yang dimiliki oleh Pak Darwis pemilik Green House P4S Karya Insani yang dikunjunginya saat ini.

"Pak Darwis hanya memiliki lahan 20 x 20 dengan menanam cabe, namun dengan sistem fertigasi Pak Darwis bisa memanen cabe 4 hari sekali. Satu kali panen, Pak Darwis mendapatkan uang sebanyak 1,7 Juta Rupiah, coba bayangkan berapa yang didapat Pak Darwis dalam sebulan, oleh karena itu ayo anak muda bertani," serunya.

Ini peluang buat para petani, seharusnya bisa dibuat lokasi wisata, karena ada sensasi tersendiri saat memetik cabe langsung dari pohonnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kaltim, Siti Farisyah Yana, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Munawwar dan H. Darwis selaku Pemilik P4S Karya Insani. (teguh p/pt)